PERILAKU KOMUNIKASI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE DI SMA NEGERI 1 RANTEBULAHAN TIMUR KABUPATEN MAMASA

Nur Faisa, Sri Yuyun, Nur Fitrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi siswa yang pada dasannya berorientasi pada suatu tujuan. Dimana, perilaku tersebut pada umummnya dapat dimotivasi oleh keinginan yang memperoleh tujuan tertentu seperti dalam penggunaan smartphone yang berlebihan dan tidak adanya peraturan waktu membuat perubahan perilaku komunikasi terhadap siswa di SMA Negeri 1 Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan wawancara mendalam untuk menelaah sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang perilaku komunikasi yang terjadi pada siswa terhadap penggunaaan smartphone, yang membuat komunikasi antar siswa, guru bahkan orang tua tidak efektif akibat penggunaan smartphone.Siswa yang umumnya harus belajar dan memaksimalkan waktu untuk menggunakan smartphone di sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal, agar tidak terjadi perilaku yang membuat komunikasi dengan Guru,Teman dan Orang tua menjadi tidak harmonis.


Full Text:

PDF

References


Ade, M. C. (2021). Perubahan Perilaku Sosial Penggunaan Smartphone Peserta Didik. Holistic Science .

Ameliola, S. N. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi . In Prosiding International Conference On Indonesian Studies .

Maulida, H. (2020). Perilaku Komunikasi Di Sekolah Ramah Anak Kota Magelang. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(3), 239-251.

Ningrum, G. C., Yusril, I., Septiana, Y., Nen, D., & Kusnadi, S. K. (2022). Efektifitas Reinforcement Positif Terhadap Keaktifan Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 3(1), 20-29.

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.

Razali, G., & Kom, M. I. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi, Hakikat dan Unsur-Unsur Komunikasi. Ilmu Komunikasi Dan Informasi & Transaksi Elektronik, 1.

Rahman, R. (2020). Strategi Komunikasi Guru Terhadap Siswa Dalam Menanamkan Nilai Taqwa Di Man Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).

Wahyuni, S. (2021). Upaya konselor dalam membimbing belajar siswa di SD Inpres Tumbuh.

Yuyun, S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Minat Beli Mahasiswa Unasman Di Media Sosial Facebook (Studi Eksplorasi Terhadap Online Shop). Mitzal (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 2(2).

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4623

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter