PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN DARMA KECAMATAN POLEWALI

ZULKIFLI ZULKIFLI, Rustan IR Rustan IR, Ahmad Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan sampah pada tingkat RW Di Kelurahan Darma Kecamatan Polewali dan mengkaji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan sampah di Kelurahan Darma Kecamatan Polewali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan analisis reduksi data.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Efektivitas pengelolaan sampah pada Kelurahan Darma Kabupaten Polewali Mandar Tidak Efektif, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan sampah di Kelurahan Darma Kabupaten Polewali Mandar yaitu fasilitas, kesadaran masyarakat, peraturan/regulasi, sanksi & pengawasan, sosialisasi tentang pengelolaan sampah. Adapun Faktor pendukung dan penghambat pegelolaan sampah di Kelurahan Darma Kecamatan Polewali yakni dari sudut faktor pendukungnya yaitu: 1).Kerjasama pemerintah dan Masyarakat, 2).Adanya Bank Sampah, sedangkan faktor penghambat dari pengelolaan sampah adalah: 1). Ketebatasan Pelayanan, dan, 2). Kesadaran masyarakat juga masih kurang sehingga perlu ditingkakan.


Keywords


persepsi masyarakat; pengelolaan sampah

Full Text:

PDF

References


Alex, S. (2015). Sukses mengolah sampah organik. EGC.

Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel. 1–14. https://doi.org/10.1007/BF00353157

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.Made, W. (2010).Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. In Bumi Aksara: Jakarta

Made, W. (2010).Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. In Bumi Aksara: Jakarta.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Parawansa, A., Rustan, I. R., & Wawan, N. (2022). Eksistensi Pemuda Dalam Pemberdayaan Wisata Alam Di Desa Pappandangan Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 205-219.

Putsanra, D. V. (2020). Arti PSBB yang Dibuat untuk Cegah Penyebaran Corona di Indonesia.Tirto.id : Jakarta.

Rapa, M. T., Hannan, S., & Andriani, A. (2021). Strategi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Mamasa Dalam Penataan Pemukiman Kumuh Di Kelurahan Mamasa. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 5(2).

Setiawan, D., Syahputra, T., & Iqbal, M. (2014). Rancang bangun alat pembuka dan penutup tong sampah otomatis berbasis mikrokontroler. Jurteksi Royal Vol 3 No 1, 1.

Sayuti, A. J. (2012). Pentingnya standar operasional prosedur kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan.

Sumantri, H. (2015). Metodologi penelitian kesehatan. Prenada Media.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitaif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Yuyun, S., Saleh, A., & Demmasiga, A. (2022). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kinerja Di Sekretariat Daerah Kabupaten Mamasa. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 43-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4625

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter