IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH PADA SISTEM DRAINASE DAN PERSAMPAHAN DALAM PELAKSANAAN PERENCANAAN TATA RUANG WILAYAH KOTA KABUPATEN POLEWALI MANDAR (Studi Kasus Dinas Kantor Pekerjaan Umum)

Suaib Hannan, Andriani Andriani, Lisma Lisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemerintah pada pelaksanaan tata ruang wilayah Kota Kabupaten Polewali Mandar serta kesesuaian kebijakan dengan fakta yang ada di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah hasil instrumen penelitian untuk mengetahui faktor implementasi kebijakan sehingga akan diketahui kesesuaian antara kebijakan dengan fakta di lapangan dan juga strategi pemerintah pada pelaksanaan Rencana Tata Ruang Wilayah khususnya pada kawasan Kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif yang berlokasi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kabupaten Polewali Mandar. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, strategi yang digunakan dalam pencapaian tujuan Rencana Tata Ruang Wilayah adalah peningkatan akses pelayanan Kota dan Pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang merata dan berhirarki, pemeliharaan dan perwujudan kelestarian fungsi lingkungan hidup, serta peningkatan pengelolaan kawasan yang dapat memberi pengaruh positif terhadap kegiatan ekonomi, sosial, budaya, pelestarian lingkungan hidup, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dan juga faktor-faktor yang menghambat dalam mengimplementasikan yaitu faktor komukasi dan sumber daya.


Keywords


Implementasi Kebijakan, RT RW Kawasan Kota

Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2019). Manajemen Retribusi Pelayanan Persampahan Di Kabupaten Mamuju. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 2(2).

Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel. 1–14. https://doi.org/10.1007/BF00353157

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.Made, W. (2010).Strategi Pembelajaran Inovatif kontenporer. In Bumi Aksara: Jakarta

Hayat. 2018. Kebijakan Publik. Malang: Intrans: Publishung. Iskandar, J. 2012. Kapita Selekta teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Peraturan Daerah Kabupaten Polewali Mandar Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2012- 2032. 2013

Rapa, M. T., Hannan, S., & Andriani, A. (2021). Strategi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Mamasa Dalam Penataan Pemukiman Kumuh Di Kelurahan Mamasa. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 5(2).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitaif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sahil, J., Al Muhdar, M. H. I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Sistem pengelolaan dan upaya penanggulangan sampah di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4632

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter