SISTEM INFORMASI PEMETAAN GIZI BURUK DI KECAMATAN MALUNDA BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Akhmad Qashlim, Hasruddin.B Hasruddin.B, Awaluddin Awaluddin

Abstract


Gizi buruk pada balita merupakan masalah serius dalam bidang kesehatan masyarakat. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sistem informasi yang dapat memetakan lokasi dan sebaran kasus gizi buruk secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Sistem Informasi Pemetaan Gizi Buruk di Kecamatan Malunda berbasis Geographic Information System (GIS). Metode pengembangan sistem informasi Fase analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan pengujian termasuk di dalamnya. Sistem komputerisasi ini menggunakan GIS sebagai platform utama untuk memetakan lokasi kasus gizi buruk. Pada sistem ini, data kasus gizi buruk yang terintegrasi dengan data geografis digunakan untuk membuat pemetaan yang visual dan informatif. Sistem informasi ini memiliki beberapa fitur penting, termasuk pendaftaran pengguna, autentikasi, pemetaan lokasi kasus gizi buruk, pengelolaan data jenis gizi, pengelolaan data desa, serta input data gizi. Pengguna sistem terdiri dari administrator dan pengguna umum. Administrator memiliki akses ke semua fitur sistem, sementara pengguna umum memiliki akses terbatas untuk melihat pemetaan dan informasi terkait gizi buruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pemetaan Gizi Buruk di Kecamatan Malunda berbasis GIS dapat membantu petugas kesehatan dan pihak terkait dalam mengidentifikasi wilayah dengan kasus gizi buruk yang tinggi, mempercepat respon dan intervensi yang tepat, serta meningkatkan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan gizi buruk.


Keywords


Gizi buruk, GIS, sistem informasi, pemetaan, Kecamatan Malunda

Full Text:

PDF

References


A. Setiawan, S. Nining, T. G. Laksana, “Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Sekolah Berbasis Web (JIPI), Vol. 2, No. 1, (2017) 1 – 7.

A. Akhmad Qashlim & Muhammad Sarjan. Mentang, M. (2021). Sistem Informasi Perpustakaan Terintegrasi Link Jurnal Berbasis Website. Journal Peqguruang, 3(1), 332-336.

Astuti, N. P., Nugroho, E. G. Z., Lattu, J. C., Potempu, I. R., & Swandana, D. A. (2015). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569-580.

Ediyanto, M. N. M., & Satyahadewi, N. (2018). Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 2(02).

Eko Candra Yuswono Yudho 2016, dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Sekolah Di Salatiga”. M. A. Husaini dan W. Dwi, “Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Sekolah Berbasis Web di Kecamatan Wonodadi Kabipaten Blitar,” Jurnal Antivirus, Vol. 11, No. 1, (2017, Mei) 50 – 64.

Gita Larasati Sumaja 2017, dengan judul “Sistem Informasi Geografis (SIG) Pencarian Letak Posisi Ruangan Perkuliahan Di Universitas Widyatama”.

Raja, A.B. Putra, dan A. Irwansyah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Fasilitas Pelayanan Kesehatan (2020)

Kartikawati, L. (2022). Analisis Kualitas Pengelompokkan Algoritma K-Means di Knime dan Excel untuk PTMT Pasca Vaksinasi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 70-79.Pembelajaran Informatika), 6(2), 325-335.

Riska (2017). Aplikasi Berbasis Mobile Untuk Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Makassar Menggunakan Algoritma Depth Firts Search. Jurnal Pekommas KOMIMFO. Priatna, W. (2021). Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Rekomendasi Pemberian Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi. Journal of Students ‘Research in Computer Science, 2(2), 111-120

Robert A. Leitc, Sistem Informasi Adalah Suatu Sistem di dalam suatu Organisasi yang Mempertemukan kebutuhan Pengolahan Transaksi Harian,Rismayani, 2018

Soyusiawaty et al., 2017 dan Lisnawita, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kandang Perternakan Di Kabupaten Padang Pariaman Berbasis Android,” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Vol. 7, No. 2, (2016) 100 – 107.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4641

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter