Kemampuan Menganalisis Pesan moral dalam cerita fabel pada siswa kelas VII Mts DDI POLEWALI

Arda Nia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis pesan moral dalam cerita fabel pada siswa kelas VII MTs DDI Polewali.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs DDI Polewali  tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah memberikan teks cerita fabel dan saol kemudian dianalisis pesan moral dan indikatornya. Dan  analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisis deskriftif kuantitatif dimana data yang diperoleh diolah dianalisis dengan menggunakan kalkulator dan SPSS versi 26 tahun 2019. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik dalam menganalasis pesan moral pada cerita fabel adalah untuk kelas A yaitu 56,33 dan kelas B 58,53 atau masih dalam kategori kurang. Nilai tertinggi berdasarkan hasil penelitian adalah 70 dan nilai terendah adalah 40. Berdasarkan klasifikasi penilaian hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menganlisis pesan moral dalam cerita fabel siswa kelas VII MTs DDI Polewali berada pada kategori kurang dan masih perlu ditingkatkan kembali minat belajar siswa agar secara keseluruhan dapat memahami pesan moral dalam cerita fabel.

Keywords


Pesan moral, Cerita Fabel, Analisis

Full Text:

PDF

References


Yunus, N. H., dan Syaeba M. (2019), Gaya Bahasa Dan Pesan Moral Pada Lirik Lagu Mandar (Suatu Kajian Stilistika). Celebes Education Review, 1 (2), 63-70.

Pramesti, M.A. (2018) Nilai Moral Dalam Cerita Fabel Nusantara Dongeng Fauna Khas Indonesia Karya Dini Ayu Dan Kemungkinannya Sebagai Bahabn Ajar di SMP Universitas Negeri Semarang

Nurgiyantoro Burhan 2013, Teori pengkajian fiksi, yogyakarta Gadjah Mada University Press.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Terjemahan dari Melani Budianta Jakarta: Gramedia.

Halla, N. (2020). Analisis Pesan Moral Dalam Cerita Fabel Dan Perannya Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2 (05), 78-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4666

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter