Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini di Kelurahan Takatidung (ditinjau dari Latar belakan Budaya)

Kurnia Kurni, Chuduriah Sahabuddin, Muhammad Yusuf Yunus

Abstract


Penelitian ini mengenai persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini di Kelurahan Takatidung (Ditinjau dari latar belakang budaya) berdasarkan hasil observasi awal dan dapat dilihat Mayoritas masyarakat dikelurahan Takatidung adalah suku Mandar dan Bugis yang dimana masih melekat yang namanya budaya dalam hal ini beberapa masyarakat masih memiliki kebiasaan menjodohkan anak anak mereka dan menikahkannya meski usia anak mereka belum mencapai batas yang semestinya dan itu masih marak terjadi hingga saat ini. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sangat baik, dapat dilihat bahwa banyak masyarakat yang mengetahui tentang perihal positif negatif dari pernikahan dini. Maka dengan demikian dapat simpulkan bahwa dari analisis mengenai persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini dari hasil angket dan wawancara diketahui bahwa masyarakat kelurahan Takatidung sangat mengetahui tentang hal positif dan negatif dari pernikahan dini.


Keywords


Persepsi, pernikahan dini, budaya, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Al Yakin, A. (2016). Dampak perceraian orang tua terhadap anak (studi kasus di sma negeri 1 kecamatan nosu kabupaten mamasa). Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 1-13.

Damayanti, N., & Mardiyanti, N. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini Di Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(1), 24-31.

Junaeda, J. (2020). Persepsi Dan Partisipasi Siswa Laki-Laki Kelas Viii Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Smp Negeri 8 Pinrang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Prenada Media.

Subekti, T. (2010). Sahnya Perkawinan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Ditinjau Dari Hukum Perjanjian. Jurnal Dinamika Hukum, 10(3), 329-338.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4673

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter