Efektivitas Kemampuan Berbicara melalui Aplikasi Canva pada Siswa Kelas X SMK Suparman Wonomulyo

Muthmainnah Muthmainnah, Wahyuddin Wahyuddin, Samsia Samsia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan hasil belajar siswa ketika menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa media pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran konvensional dengan menggunakan media pembelajaran Canva yang dimana media Canva ini merupakan rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan peserta didik dalam pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan mengintregrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik dimana penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Suparman Wonomulyo dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dimana peneliti mencari perbandingan hasil belajar konvensional dengan tanpa menggunakan media pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media canva. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Suparman Wonomulyo dengan sampel 2 kelas, yaitu kelas kontrol(yaitu kelas X TO) dan kelas eksperimen (Kelas X TKJ) sehingga akan di temukan hasil dari penelitian ini untuk memberikan hasil yang bertujuan untuk memberikan referensi tambahan kepada guru tentang evektifitas media pembelajaran menggunakan canva.


Keywords


Model pembelajaran, Canva, hasil belajar siswa, media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ansori, m. (2020). Metode penelitian kuantitatif edisi 2. Airlangga university press.

Johari, m., & supriyono, s. (2022). Pengaruh diferensiasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu bata (studi pada bata plaza surabaya). Al-kharaj: Jurnal ekonomi, keuangan & bisnis syariah, 4(3), 745-755.

Masayu, f. F. (2022). Penerapan model pembelajaran auditory intellectually repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Mulyani, f., & haliza, n. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam pendidikan. Jurnal pendidikan dan konseling (jpdk), 3(1), 101-109.

Munandar, d. S., maman, m., nurasa, a., supiana, s., & zaqiah, q. Y.(2022). Menciptakan teknologi pendidikan dan implementasinya pada pembelajaran pendidikan agama islam. Edumaspul: Jurnal pendidikan, 6 (1), 1239-1247.

Radiani, w. A. (2021). Konsep humanisme dalam pendidikan sebagai gagasan dalam membentuk pribadi tangguh di masa adaptasi kebiasaan baru. In seminar nasional kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka berbasis integrasi keilmuan di masa adaptasi kebiasaan baru (p. 167).

Muthmainnah, Ganguli, S., & Al Yakin, A. (2023). An Effective Investigation on YIPe-Learning Based for Twenty-First Century Class. In Digital Learning based Education: Transcending Physical Barriers (pp. 21-38). Singapore: Springer Nature Singapore.

Khang, A., Muthmainnah, M., Seraj, P. M. I., Al Yakin, A., & Obaid, A. J. (2023). AI-Aided Teaching Model in Education 5.0. In Handbook of Research on AI-Based Technologies and Applications in the Era of the Metaverse (pp. 83-104). IGI Global.

Al Yakin, A., & Seraj, P. M. I. (2023). Impact of Metaverse Technology on Student Engagement and Academic Performance: The Mediating Role of Learning Motivation. International Journal of Computations, Information and Manufacturing (IJCIM), 3(1), 10-18.

Rasjid, A. R., Al Yakin, A., Muthmainnah, M., & Obaid, A. J. (2023). Exploring Students’ Autonomous Learning Behaviours Toward E-Learning to Higher Education Performance. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2).

Al Yakin, A., Obaid, A. J., Muthmainnah, R. S. A. M., Khalaf, H. A., & Al-Barzinji, S. M. (2022). Bringing technology into the classroom amid Covid 19, challenge and opportunity. Journal of Positive School Psychology, 6(2), 1043-1052.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4686

Article Metrics

Abstract views : 155 times | PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter