Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Rappang
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual terhadap kemampuan menulis teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri Rappang. Populasi diambil dari kelas VIII dengan jumlah 61 orang. Sampel ditentukan VIII C sebagai kelas kontrol sebanyak 19 orang dan VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka nilai t-hitung menunjukkan angka 2,468 dengan sig (2 tailed) = 0,000 karena nilai signifikansi atau p-value < 0,005, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terbukti efektif dalam pembelajaran teks persuasif pada siswa kelas VIII SMP Negeri Rappang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarjana Tutorial Nurani Sejahtera.
Jahania, Siti, Nur Hafsah Yunus, and Andriani Andriani. "Keefektifan Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Gambar Seri Pada Keterampilan Menulis Cerita Fabel Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Wonomulyo." Journal Peqguruang: Conference Series. Vol. 4. No. 2. 2022.
Keraf, Gorys Dr. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Universitas Terbuka. Jurnal PGSD. Volume 02 Nomor 02 tahun 2014.
Muttalib, A., & Mardawati, M. (2019). Efektivitas Media Youtube pada Tayangan Reality Show dalam Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda. Journal Peqguruang, 1(2), 223-228.
Oktaria, D., Andayani, dan K. Saddhono. 2017. Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi.
Putra, E. M. Kemampuan Mengidentifikasi Teks Persuasi Dalam Pertimbangan Konsep Permasalahan Di Kelas VIII Pada Siswa Smp Negeri 1 Bulukumba.
Sriyani, K. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Audio VIisual dalam Meningkatkan Hasil Menulis Iklan dan Poster Siswa Kelas VIII Mts Yapit Tonrorita. dilihat dari: (https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/32943-Full_Text.pdf)
Satria, T. G. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintiffik Pada Anak Kelas IV Jakarta Barat” 10 (2): 114–20.
Tarigan, H.G (2015). Menulis sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, HG. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4692
Article Metrics
Abstract views : 116 times | PDF - 74 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.