Hubungan alat pelindung diri dengan keluhan penyakit kulit pada nelayan di desa Tonyaman kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar

Sukmawati Sukmawati, Sulihin Azis, Andi Rukmana

Abstract


Untuk mengetahui hubungan keluhan penyakit kulit dengan alat pelindung diri pada nelayan Desa Tonaman Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali. Eksplorasi ini merupakan tinjauan logis observasional dengan konfigurasi tinjauan cross-sectional untuk berkonsentrasi pada Koneksi antara Klien Perangkat Keras Pertahanan Pribadi dan Keluhan Penyakit pada Pemancing di Ruang Kerja Pusat Kesejahteraan Tonaman. Contoh dalam penelitian ini adalah 70 individu yang tinggal di Tonaman. Kriteria inklusi dan eksklusi digunakan untuk menentukan ukuran sampel minimum yang diperlukan. dari contoh total 70, 77,1% orang memiliki informasi yang bagus. Kemudian dari 70 responden terdapat 100 persen responden yang memiliki mental yang baik maka pada saat itu semua contoh menggunakan alat pertahanan individu, tidak ada hubungan kritis antara informasi Perangkat Keras Pertahanan Pribadi dan penggunaan perangkat pertahanan individu terhadap penyakit kulit di Tonyaman Kota, tidak ada hubungan besar antara perspektif Alat Pertahanan Pribadi dan penggunaan alat pertahanan individu terhadap penyakit kulit di Kota Tonyaman, Wilayah Binuang, Kabupaten Polewali Mandar.

Dengan adanya kajian ini maka wajar bila dapat membangun perangkat pertahanan individu bagi para pemancing di kota Tonyaman, kecamatan binuang, wilayah Polewali Mandar. Masyarakat diharapkan terus mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya penggunaan alat pelindung diri oleh nelayan

Keywords


pengetahuan. sikap dan penyakit kulit

Full Text:

PDF

References


Ariwibowo, G. A. (2015). Kunjungan dan Pengelolaan Wisata Alam Di Karesidenan Priangan Pada Periode Akhir Kolonial. Historiografi Indonesia: Orientasi Tema dan Perspektif, 148.

Indrayani, I., & Sukmawati, S. (2019). Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri Tenaga Outsourcing Distribusi Di PT PLN (Persero) Rayon Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 59-71.

Akbar, H. (2020). Hubungan Personal Hygiene dan Pekerjaan dengan Kejadian Dermatitis di Wilayah Kerja Puskesmas Juntinyuat. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 1-5.

Fadilah Khoinur, H. (2019). Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri Terhadap Penyakit Kulit (Dermatosis) Pada Nelayan Di Desa Bogak Kabupaten Batu Bara (Doctoral dissertation, Universitas islam Negeri Sumatera Utara).

Hasanah, M., & Rifai, M. (2021). Hubungan Personal Hygiene Dan Penggunaan Apd Dengan Keluhan Dermatitis Kontak Pada Pembatik Warna Sintetis Di Giriloyo Kabupaten Bantul. HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 9-20.

Kurniawidjadja, L. M., Ok, S., Ramdhan, D. H., KM, S., & KKK, M. (2019). Buku Ajar Penyakit Akibat Kerja dan Surveilans. Universitas Indonesia Publishing.

Nurhayati, A., Pical, V., Erfani, A., Hilyaa, S., Saloko, S., Made, S., & Purnomo, A. H. (2020). Manajemen risiko perikanan tangkap (studi kasus di tengah pandemi Covid-19). JFMR (Journal of Fisheries and Marine Research), 4(3), 417-427.

Pramana, I. G. S. A., & Utami, N. W. A. (2021). Hubungan Higiene Perorangan Dan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Ksejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja Pada Pekerja Pengangkut Sampah Di Dlhk Kota Denpasar Tahun 2020. Archive of Community Health, 8(2), 325.

Sirait, R. A., & Samura, Z. A. P. (2021). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DERMATITIS PADA NELAYAN: PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DERMATITIS PADA NELAYAN. Jurnal Pengmas Kestra (Jpk), 1(1), 53-59.

Wahab, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Nelayan Di Desa Batu Karas Kecamatan Cijulang Pangandaran. Biomedika, 11(1), 35-40.

Wijaya, D. R., Abdullah, A. Z., & Palutturi, S. (2018). Faktor Risiko Masa Kerja Dan Waktu Istirahat Terhadap Kejadian Penyakit Dekompresi Pada Nelayan Penyelam Di Pulau Barrang Lompo. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 1(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4695

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter