HUBUNGAN PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA TUKANG LAS DI KECAMATAN MAPILLI TAHUN 2023

muh haswad haswad, Maarifah Dahlan, Sitti Sohorah

Abstract


Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan kegiatan awal yang menjamin terciptanya kondisi kerja yang aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada tukang las saat bekerja. Penulis pun memperoleh informasi setelah melakukan observasi awal bahwa bengkel las yang ada di Kecamatan Mapilli ±20 usaha diantara usaha tersebut ada 3 titik bengkel las yang ada di Kecamatan Mapilli yang sering terjadi kecelakaan kerja pada saat melakukan pengelasan dengan adanya rasa nyeri pada mata karena terbiasa tdak menggunakan Safety Health (Kacamata Pelindung). Kulit yang menimbulkan luka bakar akibat percikan api dan luka tangan ssat melakukan pemotongan besi menggunakan gerinda.

Penelitian ini diketahui Hubungan Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Kecelakaan Kerja Pada tukang las di Kecamatan Mapilli di tahun 2022. Studi penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei analitik rancangan cross cestional dengan teknik penarikan sampel yaitu sampling jenuh atau total sampling dengan jumlah sampel yaitu 25 pekerja las di Kecamatan Mapilli.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan tahu K3 pada kecelakaan kerja dengan nilai p-value 0,041, terdapat hubungan pengetahuan memahami K3 pada kecelakaan kerja dengan nilai p-value 0,037 dan terdapat hubungan pengetahuan aplikasi K3 pada kecelakaan kerja dengan nilai p-value 0,036 dari analisis chi square.


Keywords


Pengetahuan K3, Kecelakaan Kerja dan Tukang Las

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2022). Faktor penyebab penyakit akibat kerja pada pekerja las. Jurnal Poltekes, Vol 1 No 1.

Ilyas, M. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA NELAYAN JOBOKUTO JEPARA. Jurnal UMISE, Vol 1 No 1.

Iskandar, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Kecelakaan Kerja pada Tukang Las Di Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. UB, Vol 2 No 1.

Lariantika. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Pelindung Diri Sarung Tangan terhadap Produktivitas Kerja pada Pekerja Las di Samarinda Ulu 2022. Jurnal Asia Merdeka, Vol 2 No 8.

Mawardi, A. (2018). UPAYA PENINGKATAN BUDAYA K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA UKM BENGKEL LAS PINTU HARMONIKA “JAYA MANDIRI” DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 1 No 2.

Munawara. (2019). Hubungan Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Kecelakaan Kerja pada Tukang Las di Kecamatan Medan Kota tahun 2018. Jurnal SUMUT sehat, Vol 1 No 2.

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Putri, D. J. (2021). Hubungan Kedisiplinan Pemakaian APD dan Pengetahuan K3 dengan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Pekerja Bagian Pembahanan PT Prima Wana Kreasi Wood Industry. Jurnal Kesehatan, Vol 9 No 8.

Sedarmayanti. (2018). Hubungan Pengetahuan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dengan Kecelakaan Kerja Pada Tukang Las Di Kecamatan Sumbawa Tahun 2020. Jurnal Sehati, Vol 2 No 1.

Zain, S. (2018). Hubungan Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Kecelakaan Kerja pada Tukang Las di Kecamatan Medan Kota tahun 2018. Jurnal UNSU, Vol 2 No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4708

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter