PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN METODE SOMATIS AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) SISWA KELAS X SMAS DHI MAPILLI

Sulihin Aziz, Abdul Aziz, Hardiansi Hardiansi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa perlu adanya perhatian dalam pengajaran puisi disekolah yaitu pemilihan metode pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama melalui metode Somatis Auditory Visual Intellectual (SAVI) Kelas X SMA DHI  Mapilli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan PTK, yaitu dilaksanakan secara bersiklus yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta Hasil. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Teknik Analisis Data digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I mencapai rata rata 42 sedangkan pada siklus II mencapai nilai rata rata 84 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA DHI Mapilli mampu dan mengalami peningkatan  kemapuan membaca puisi melalui metode SAVI.

Keywords


Peningkatan; Menulis Drama ; Siswa

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ardianto, Elvinaro. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media.

Astuti, M. 2011. Analisa Keuntungan Sistem Pertanian Terpadu Berbasis Holtikultura Pada Kelompok Tani Bumi Harapan Di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam [Skripsi]. Padang: Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Eko, Nugraheni dan Mujiyanto, Yant. 2009. Pembelajaran Apresiasi Sastra. Surakarta: Panitia Program Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS Surakarta.

Kuswati, R. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas X. (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Nama, Kota.

Mulyani, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama melalui Pendekatan Proyek pada Siswa Kelas X. (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Nama, Kota.

Ratnaningsih, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Visualisasi dalam Pembelajaran Menulis Drama terhadap Kemampuan Menulis Drama Siswa Kelas X. (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Nama, Kota.

Salam, T. 2009. Analisis Finansial Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan. Jurnal Agrisitem, Juni 2009, Vol 1 No 1.

Widiastuti Sri, Nur Rohmah Muktiani (2010). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola dalam Pembelajaran Sepak Bola melalui Kucing Tikus pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Nomor 1 tahun 2010), Hlm. 49-50. Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4711

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter