EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Nur hafsah Yunus, Andriani Andriani, Masnur Masnur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan model pembelajaran yang menjadi prioritas kurikulum tersebut yaitu model project based learning dan digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia.. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design yaitu kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan tertentu sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan seperti keadaan biasanya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN 2 Polewali Mandar yang pengambilan sampel berdasarkan kemampuan awal peserta didik. Hasil penelitian diperoleh menggunakan SPSS versi 26 for windows, nilai rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 60,55 dan nilai rata-rata post-test adalah 71,82. Sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test yaitu 60,12 dan nilai rata-rata post-test adalah 78,58 dengan persentase 83,1% yang mana mencapai tingkat ketuntasan di atas 80%. Hal ini menandakan penerapan model project based learning sangat efektif. Analisis statistik inferensial yaitu hipotesis H1 diterima berdasarkan hasil yang diperoleh thitung (2,801) > ttabel (2,015)  maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga kedua kelas tersebut memiliki keterampilan menulis yang berbeda berdasarkan perlakuan yang diterapkan.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Project Based Learning, Menulis Teks Biografi

Full Text:

PDF

References


Amelia,R.,dkk.(2015).Pembelajaranmenulislaporanpercobaandenganpendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UND tahun 2015, 1(1), 1-8.

Andriani, A., & Fausiah, F. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Kritis. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1), 1-10.

Fadia Nurul Fitri, S. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Jurnal Sustainable, 5(1), 11–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Kemendikbudristek. (2022a). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek

Muthmainnah, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserta Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 63-74.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Triyani ,N., dkk. (2018). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran menulis teks anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 1-8.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Yusuf, Y., dkk. (2022). Keterampilan menulis: Pengantar pencapaian kemampuan espitemik. Banda Aceh, Indonesia: Syiah Kuala University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.4719

Article Metrics

Abstract views : 323 times | PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.