STUDY PENGELOLAAN HYGIENE DAN SANITASI KANTIN SEHAT DI SMPN 3 POLEWALI MANDAR

Muh Anwar, sukmawati sukmawati, Putri Utami

Abstract


Sanitasi makanan adalah proses menciptakan dan mempertahankan lingkungan makanan yang aman dan steril. Kantin sehat adalah fasilitas atau kegiatan di sekolah yang membantu warga sekolah menjaga kesehatan mereka. Kantin sehat harus menyediakan makanan utama dan minuman yang sehat,higienis, dan aman untuk di konsumsi oleh siswa dan orang lain disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendaptkan informasi yang mendalam tentang pengelolaan makanan pada kantin sekolah dan untuk memperoleh informasi mendalam bagaimana kantin sehat di SMPN Polewali Mandar menjaga kebersihan dan sanitasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Berdasrkan temua penelitian ini, dapat menguraikan bagaimana sanitasi di lokasi kantin dan bangunannya, terlepas dari apakah bangunan tersebut jauh dari pembuangan sampah atau saluran pembuangan air. Hasil dari penelitian ini pengelola tidak selalu menggunakan alat penjamah makanan seperti celemek, sarung tangan, dan penutup kepala. Mereka juga tidak mematuhi prosedur pengolahan makanan yang diatur dalam SOP kantin, yaitu ruang pengolahan harus selalu bersih, terpisah dari ruang pelayanan dan kantin.

 


Keywords


Sarana Sanitasi Kantin Sehat, Penjamah Makanan,Penyajian,Pengolahan,Peralatan,Air Berih.

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2022). Peran Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan. In M. Anwar (Ed.), Perspektif Kesehatan Masyarakat dalam Menghadapi Era Society 5.0 : Vol. (first, pp. 13–22). Deepublish.

(Anzarkusuma et al., 2015). Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar Di Kecamatan Rajeg Tangerang (Nutritional Status Based on Primary School Student’S Dietary Intake in Rajeg District Tangerang City). IJHN (Indonesian Journal of Human Nutrition), 1(2), 135–148. https://ijhn.ub.ac.id/index.php/ijhn/article/view/109/115

Anwar, M., Saifuddin, R. A., & Thaha, R. (2018). Factors That Affect the Quality of Life of Pregnant Women. EXECUTI VE EDITOR, 9(12), 1389.

(Djoko Windu P.Irawan. 2016). Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Di Rumah Sakit. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES). Https://kesling.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/BUKU-ISBN-PRINSIP-2-HS-MAKANAN-DI-RS.pdf

(Kemenkes RI. (2003). Kepmenkes No. 1098/ MENKES/SK/VII/2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran. Diakses dari https://dinkes.sumselprov.go.id

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pemerintah Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 942/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan, 2003, pp. 1–21

Pedoman persyaratan hygiene sanitasi makanan jajanan menteri kesehatan republik indonesia. (2003). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor942/menkes/sk/vii/2003 tentang. Demographic research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Hadi, A.J., Usman, J., Ishak, S., Yetti R, E., Manggabarani, S., Anwar, M. and Hasibuan, A.S., 2021. Effect of Dissemination of Resources and Information Method for Overnutrition Prevention Behavior on Primary School Children in Makassar. Medico-legal Update, 21(2).

Winarno, F.G . 1993. Makanan Jajanan. Laporan Akhir Proyek Makanan jajanan. Bogor: Institut pertanian Bogor

Yuki Andrianto. 2014. Makanan Sehat. Bandung: Panca Anugrah Sakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.4754

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter