Implemetasi Profil Pelajar Pancasila terhadap proses pembelajaran di SMK Negeri Campalagian
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik sikap peserta didik dimana kurang hormatnya peserta didik kepada gurunya dikelas maupun diluar kelas.Profil Pelajar Pancasila ini agar pelajar dapat mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – harinya. Keberhasilan mengimplementasikan profil pelajar pancasila memiliki ciri Bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa,Berhaklak mulia, Berkebhinekaan global,Gotong royong, Mandiri, Bernalar kirtis, dan Kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana implementasi profil pelajar pancasila terhadap proses Pembelajaran di SMK Negeri Campalagian. Penelitian ini ingin mengetahui karakter siswa sebagai pelajar pancasila. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkam bahwa implementasi profil pelajar pancasila terhadap proses pembelajaran di SMK Negeri Campalagian sudah cukup baik dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila dan guru Pkn menggunakan beberapa metode yang mendukung mengimplemetasikan ciri profil pelajar pancasila yaitu metode ceramah dan diskusi dalam pelaksanaan metode para siswa juga sebagian sudah mencerminkan ciri profil pelajar pancasila namun ada juga yang belum terbiasa. Namun siswa masih perlu untuk selalu dibimbing dan diarahkan untuk menerapkan ciri profil pelajar pancasila dan menanamkanya dalam kehidupan sehari- hari. Dan guru sebagai sumber keteladanan bagi siswanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Latief, A., & Rahayu, A. (2020). Implementasi Penanaman Nilai Pancasila pada Peserta Didik. Pepatudzu, 16(2), 119-132.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.5051
Article Metrics
Abstract views : 19 times | PDF - 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.