Analisis Harga Pasar Efisiensi Ekonomi Usahatani Kacang Panjang Di Desa Sugihwaras Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman

Nurhaya Kusmiah, Musmawati Musmawati, Nurul Iqraini D, Erli Wulandari

Abstract


Kacang panjang adalah salah satu tanaman yang paling banyak dikonsumsi dan diproduksi di Indonesia karena memiliki banyak vitamin dan mineral yang tersedia untuknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari Analisis Haraga Pasar Terhadap Efesiensi Ekonomi Usaha Tani Kacang Panjang (Vigna Ungu Iculata) Didesa Sugiwaras Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Data diperoleh dari wawancara dengan petani dan lembaga terkait. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanian kacang panjang di kecamatan Wonomulyo, kabupaten Polewali Manda, tidak menguntungkan karena harganya tidak sebanding dengan pengeluaran petani. Bisnis kacang panjang di Kecamatan Kabupaten Polewali sangat dipengaruhi oleh komponen produksi. Mandar terdiri dari luas lahan ,jumlah tenaga kerja. Sedangkan factor produksi beni dan pestisida mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap produksi usaha tani kacang panjang di Kecamatan Wonomuyo Kabupaten Polewali Manadar.


Keywords


Kacang Panjang , Efisiensi Ekonomi , Analisis Harga Pasar

Full Text:

PDF

References


Refwallu, M. L., & Sahertian, D. E. (2020). Identifikasi tanaman kacang-kacangan (Papilionaceae) yang Ditanam di Pulau Larat Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Biofaal Journal, 1(2), 66-73.

Syam, S. (2020). Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 4(2), 128-152.

Satriawan, S., Erlina, S., & Hidayatullah, A. (2019). ANALISIS USAHATANI KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS) DI LAHAN PASANG SURUT DESA SAKA LAGUN KECAMATAN PULAU PETAK KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan).

Lestari, O. (2016). ANALISIS USAHATANI DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI (Coffea sp.) DI KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS.

Sari, L. (2019). Analisis Pendapatan Petani Padi di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415

Isbah, U., & Iyan, R. Y. (2016). Analisis peran sektor pertanian dalam perekonomian dan kesempatan kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 7(19), 45-54.

Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 1(2).

Wahyuni, N. (2022). Analisis Biaya Variabel dan Biaya Tetap Terhadap Pendapatan Warung Makan Lesehan Pondok Bambu Kec. Mappedeceng (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).

Kustanto, H., Fachriyan, H. A., & Subantoro, R. (2022). Pengujian Keunggulan Dan Analisis Usahatani Pada Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Varietas Longer 02. Mediagro, 18(2).

Rizky. Zulkarna. (2018). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Kacang Panjang (Vigna Sinensis. L) Di Pasar 2 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan (Doctoral Dissertation).

Nurhaya, Kusmiah., Roland DKK (2022).Analisis

Pendapatan Petani Pada Produksi Minyak

Atsiri Nilam Di Desa Tampak Kurra

Kecamatan Tabulahan Kabupaten

Mamasa. Jurnal Agroterpadu, 1(2), 148.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.5064

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter