Transformasi Pemikiran Muhammad Iqbal dan Kontribusinya terhadap Pembentukan Pakistan

saifuddin saifuddin, Hasaruddin Hasaruddin, Abdul Malik

Abstract


Sejarah kontemporer umat Islam di anak benua India bermula pada  hancurnya imperium Mughal dan pendudukan pemerintahan Inggris di India. Pergantian rezim tersebut menggerakkan beberapa kekuatan yang menimbulkan perubahan pada sejumlah praktek keagamaan dan struktur sosio politik umat Muslim di anak benua ini dan pada akhirnya menghantarkan pada pembentukan Negara baru. Makalah ini membahas secara lebih terperinci tentang sosok Muhammad Iqbal sebagai seorang tokoh yang memiliki banyak jasa karena banyak mendorong proses perubahan hingga melahirkan cikal bakal Negara Islam Pakistan. Rumusan masalah dalah makalah ini adalah Biografi Muhammad Ikbal dan bagaimana ide ide Pembaharuan yang dilakukannya. Metode penelitian dalam makalah ini adalah menggunakan kajian histori dengan analisis deskriptip kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa gagasan negara Islam Pakistan dilatarbelakangi karena secara kultur, Agama, Sosial dan adat kebiasaan antara Islam dan hindu tidak dapat disatukan sehingga Muhammad Iqbal yang terkenal dengan sikap terhadap kepedulian sosial, komitmen Islam dan bobot intelektual mendorong untuk merealisasikan ide terbentuknya suatu negara untuk komunitas Muslim di anak benua India. Muhammad Iqbal memiliki pandangan tentang bagaimana mewujudkan saling pengertian spiritual antara barat dan timur. Pemikiran muhammad Iqbal ini bertolak dari firman Allah dalam al Qur’an tentang konsep persaudaraan universal umat manusia, dan juga dia melihat bahwa realita konflik berkepanjangan yang dihadapi antara barat dan timur. Iapun mengatakan wahwa persaudaraan universal tidak akan pernah terwujud antara barat dan timur bila kekuatan sejarah masih di dominasi oleh budaya sekularistik dan ateis


Keywords


Muhammad Ikbal, Negara Islam, Pakistan

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI(Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 1992),

Abdul Sani,Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern Dalam Islam[Cet,I; Jakarta; Raja Grafindo Persada]

Lapidus lra M,A history of islamic societies, di terjemahkan oleh ;Gufron A. Mas’adi, dengan judul sejarah social umat islam, (edisi. I, cet. I; jakarta ; PT. Raja Grafindo persada, 1999)

H.A.Mukti Ali, Alam pikiran islam modern di india dan pakistan, [Cet,.IV ; Bandung ;Mizan, 1998]

Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan,[Cet.IX; Jakarta ; Blan Bintang,1992]

Robert. D. Lee,ovr coming Tradition and Modernity ; The Search of Islamic Authenticity, diterjemahkan oleh Baiqumi, dengan judul , Mencari Islam Autentik Dari Nalar Puitis Iqbal Hingga Nalar Kritis Arkoun ,[Cet.II;Bandung ; Mizan, 2000]

Surat kabar yang di gagas oleh maulana Abdul kalam Azad, yang terbit perdana pada 18 juli1912

Malcolm L. Diamond, Contemporary Philosophy and Religius Though (an Introduction to the Philosophy of Religion) , (USA: Mc. Graw-Hil, 1974), h. 54-56.

Muhammad Iqbal, The Recontruction of Religious Though in Islam diterjemahkan oleh osman Raliby dengan judul Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam (Cet. III; Jakarta: Bulan Bintang, 1983)

Ghufran A. Mas’adi, Pemikiran Fazlurrahman tentang Metodologi Pembaharuan Hukum Islam (Cet. II; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1988),

Muhammad Iqbal, The Recontruction of Religious Thought in Islam [Booseller dan Publise,Kashmiri Bazar-Lahore-Pakistan], diterjemahkan oleh Ali Audah et ..al. Dengan judul ,Rekonstuksi Pemikiran Agama Dalam Islam,[editi.I ; jogyakarta ; jalasutra,2002.]

John j. Donohue dan john L. Esposito,Islam In Transtition Moslem Prespectives, alih bahasa oleh Mahnun Husain, dengan judul Islam dan Pembaharuan Ensiklopedia Masalah-masalah,[Cet.IV;JAKARTA ; Rajawali Press, 1994]




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.5121

Article Metrics

Abstract views : 20 times | PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.