IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DALAM TRANSAKSI LIVE STREAMING MEDIA SOSIAL

Nur Hafsah Yunus MS, Abdul Muttalib, Putri Awalia

Abstract


Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia untuk berinteraksi atau berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tuturan bahasa Indonesia, tuturan dianggap santun jika penutur menggunakan kata-kata yang santun, tuturannya tidak mengandung ejekan secara langsung, tidak memerintah secara langsung, serta menghormati orang lain. Namun di zaman modern ini kesantunan tidak lagi diperhatikan secara penuh. Kadang terlihat dalam komonikasi dalam jual beli daring atau online shoop yang tetapi menggunakan bahasa secara santun tapi memiliki makna yang berbeda yang dirasakan oleh mitra tutur. Jenis penelitian yang dipakai oleh penulis yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli dalam transaksi live streaming media social di Sulawesi barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data penelitian yang digolongkan menjadi dua, yaitu pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip kesantunan terdapat 20 data. Pematuhan terdapat 15 data yaitu maksim kebijaksanaan 4 data, maksim kedermawana 3 data, maksim kesepakatan 2 data, maksim kerendahan hari 2 data, maksim simpati 2 data dan maksim pujian 2 data. Pelaanggaran terdapat 5 data yaitu maksim kebijaksanaan 2 data, maksim kedermawanan 1 data, maksim kerendahan hati 1 data, maksim simpati 1 data.


Keywords


Kesantunan Berbahasa, Penjual dan Pembeli, media sosial

References


Abdul Muttalib. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kalangan Remaja Masjid Nurul Muttahida Kelurahan Malunda). Journal Peqguruang: Conference Series, 6(1).

Agus Setiawan, L. S. (2020). Penggunaan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Jual Beli di Facebook Live. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).

Dian Kurniasih, F. N. (2019). Prinsip Kesantunan dalam Komunikasi Bisnis Online di Media Sosial. Jurnal Linguistik Terapan, 3(4).

Fitriani Dewi, D. P. (2021). Penerapan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Online: Studi Kasus pada Transaksi Jual Beli di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Indah Permata Sari, R. D. (2018). Implementasi Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Pemasaran di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1).

Nur Hafsah Yunus MS. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(1). https://doi.org/10.35329/jp.v6i1.4595

Nurul Hidayah, A. F. (2022). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Transaksi Online: Studi pada Marketplace Shopee. Jurnal Bahasa Dan Budaya, 3(4).

Rina Maulina, A. R. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Live Streaming di Instagram. Jurnal Linguistik Indonesia, 3(4).

Siti Aisyah, D. M. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Jual Beli Melalui Live Streaming di TikTok. Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1).

Tri Lestari, P. W. (2019). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Transaksi Penjualan di Media Sosial. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5373

Article Metrics

Abstract views : 10 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter