IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DALAM TRANSAKSI LIVE STREAMING MEDIA SOSIAL
Abstract
Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia untuk berinteraksi atau berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tuturan bahasa Indonesia, tuturan dianggap santun jika penutur menggunakan kata-kata yang santun, tuturannya tidak mengandung ejekan secara langsung, tidak memerintah secara langsung, serta menghormati orang lain. Namun di zaman modern ini kesantunan tidak lagi diperhatikan secara penuh. Kadang terlihat dalam komonikasi dalam jual beli daring atau online shoop yang tetapi menggunakan bahasa secara santun tapi memiliki makna yang berbeda yang dirasakan oleh mitra tutur. Jenis penelitian yang dipakai oleh penulis yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli dalam transaksi live streaming media social di Sulawesi barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data penelitian yang digolongkan menjadi dua, yaitu pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip kesantunan terdapat 20 data. Pematuhan terdapat 15 data yaitu maksim kebijaksanaan 4 data, maksim kedermawana 3 data, maksim kesepakatan 2 data, maksim kerendahan hari 2 data, maksim simpati 2 data dan maksim pujian 2 data. Pelaanggaran terdapat 5 data yaitu maksim kebijaksanaan 2 data, maksim kedermawanan 1 data, maksim kerendahan hati 1 data, maksim simpati 1 data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Muttalib. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kalangan Remaja Masjid Nurul Muttahida Kelurahan Malunda). Journal Peqguruang: Conference Series, 6(1).
Agus Setiawan, L. S. (2020). Penggunaan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Jual Beli di Facebook Live. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Dian Kurniasih, F. N. (2019). Prinsip Kesantunan dalam Komunikasi Bisnis Online di Media Sosial. Jurnal Linguistik Terapan, 3(4).
Fitriani Dewi, D. P. (2021). Penerapan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Online: Studi Kasus pada Transaksi Jual Beli di Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).
Indah Permata Sari, R. D. (2018). Implementasi Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Pemasaran di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1).
Nur Hafsah Yunus MS. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(1). https://doi.org/10.35329/jp.v6i1.4595
Nurul Hidayah, A. F. (2022). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Transaksi Online: Studi pada Marketplace Shopee. Jurnal Bahasa Dan Budaya, 3(4).
Rina Maulina, A. R. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Live Streaming di Instagram. Jurnal Linguistik Indonesia, 3(4).
Siti Aisyah, D. M. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Transaksi Jual Beli Melalui Live Streaming di TikTok. Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1).
Tri Lestari, P. W. (2019). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Transaksi Penjualan di Media Sosial. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5373
Article Metrics
Abstract views : 37 times | PDF - 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.