Pengaruh Pendekatan Problem Posing Tipe Within Solution Terhadap Kemampuan koneksi Matematis Siswa

mariani ani, Muhammad Ali P, Sukmawati Sukmawati

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran dengan menggunkan pendekatan problem posing tipe within solution terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonomulyo kabupaten Polewali Mandar dengan subjek penelitian sebanyak 64 siswa, terdiri dari 31 siswa dikelas eksperimen dan 33 dikelas kontrol pada kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem posing tipe within solution terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dilihat dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitungsebesar 5,201 sedangkan untuk nilai ttabel sebesar 2,00 yang artinya bahwa thitung > ttabel atau 5,201 > 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, apabila dilihat dari nilai signifikan, Sig < α yaitu 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan problem posing tipe within solution berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonomulyo.


Keywords


Pengaruh, problem posing tipe within solution, koneksi matematis

References


Asriani, A. A., & Kadir, A. M. (2017, July). Pendekatan Problem Possing tipe Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1).

Assaibin, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975-2988.

Cai, J., & Hwang, S. (2020). Learning to teach through mathematical problem posing: Theoretical considerations, methodology, and directions for future research. International Journal of Educational Research, 102, 101391..

Dewi, A. A. (2018). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Hidayat, R., & Abdillah, H. (2019). Buku Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI: Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi.

Li, X., Sun, X., & Cai, J. (2022). Integrating problem posing into the mathematics classroom: current advances and future directions of research. Current Opinion in Behavioral Sciences, 48, 101213.

Nurfitriyanti, M. (2017). Peningkatan kemampuan disposisi matematika melalui pembelajaran berbasis persepsi masyarakat. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Polat, H., & Özkaya, M. (2023). The Effect of Problem Posing-Based Active Learning Activities on Problem-Solving and Posing Performance: The Case of Fractions. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 67-81.

Samad, I., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 43-50.

Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15.

Setiyani, S. (2020). Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 1-12.

Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., & Prayitno, S. (2022). Penerapan metode gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui aplikasi Kahoot. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326.

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5, 315-325.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5390

Article Metrics

Abstract views : 6 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter