STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM MEMBANGUN CITRA AKTOR POLITIK DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Munawi Gay, Muhammad Abid, Ainun Handayani

Abstract


Membangun citra aktor politik merupakan aspek penting dalam strategi komunikasi politik, terutama di tingkat lokal seperti di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi komunikasi politik dalam membangun citra aktor politik di kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa  strategi komunikasi politik dalam membangun citra aktor politik di kabupaten Polewali Mandar Data yang didapatkan adalah bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yaitu diperoleh melalui kajian literature pustaka dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor politik berhasil membangun citra positif dengan fokus pada infrastruktur, pendidikan, keagamaan, pemberdayaan perempuan, dan ekonomi lokal. Mereka menggunakan strategi komunikasi yang menggabungkan media tradisional seperti baliho dan pertemuan tatap muka, dengan media digital seperti media sosial, seminar, dan workshop. Pendekatan ini tidak hanya efisien dalam menyampaikan pesan politik, tetapi juga membangun interaksi dua arah yang kuat dengan masyarakat. Mereka menargetkan semua lapisan masyarakat, termasuk generasi muda, perempuan, petani, nelayan, dan pelaku UMKM, dengan memahami secara mendalam preferensi politik setiap kelompok.

 


Keywords


strategi komunikasi, citra aktor politik

Full Text:

PDF

References


Ahmad Saleh, N. F. (2023). Strategi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Polewali Mandar Dalam Menekan Angka Golput Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 ( Studi Kasus Kecamtan Campaloagian ). Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2).

Dhanani, A. (2020). Strategi Komunikasi Politik dalam Membangun Citra Pemimpin. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 10(1).

Moleng, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantatif. Jakarta: Gramedia.

Nugroho, Y. (2020). Pengaruh Komunikasi Politik terhadap Persepsi Publik. Jurnal Komunikasi Politik, 7(4).

Prasetyo, R. (2018). Membangun Citra Aktor Politik Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi dan Pembangunan, 12(1).

Prastowo, A. (2015). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta: Russ media.

Puspitasari, N. (2019). Peran Media dalam Strategi Komunikasi Politik: Studi Kasus Pemilihan Umum. . Jurnal Komunikasi, 15(2).

Rahardjo, B. (2021). Komunikasi Politik dan Pengaruhnya Terhadap Citra Publik. Jurnal Politik Indonesia, 5(3).

Setiawan, H. (2022). Strategi Komunikasi Politik dan Citra Aktor dalam Kampanye. Jurnal Studi Komunikasi, 18(2).

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5426

Article Metrics

Abstract views : 70 times | PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.