PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI CANVA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI BINUANG
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kels VIII SMP Negeri Binuang.Hasil belajar matematika meliputi indikator yaitu: (1) kognitif, (2) Subjek berjumlah 19 Siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari : (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar observasi akivitas siswa (3) Tes Hasil belajar matematika siswa.Lembar observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif.dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model Project Based Learning dengan media aplikasi Canva pada siklus I diperoleh 88,41% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,67%.Berdasarkan hasil analisis data pada lembar observasi aktivtas siswa, diperoleh pada siklus I 88,41% dan pada siklus II diperoleh 90,73% sedangkan pada tes hasil belajar matematika siswa diperoleh 31,53% meningkat menjadi 89,47% pada siklus II.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa model Pproject Based Learning dengan menggunakan media aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil bellajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Binuang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, A. N. I., Hasyim, M., & Jumriani, J. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantukan Media Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif (Indikator Kelancaran) Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1460–1468.
Alfauzi, R., Amrulloh, H., & Aisyah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran IPA Di MI Nurul Islam Gunung Mekar. Lensa Pedagogika: Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 1(1), 1–8.
Khaningrum, N. I., Dewi, F. A., Elsola, D. A. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Penggunaan Project Based Learning dengan Media Scrapbook Berbasis Canva dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati dan Kebudayaan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4415–4429.
Muawanah, Romadhona, R., & Cipta, D. A. S. (2024). MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 410–421.
Nasution, A. I. (2024). PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA. JPRONUS : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Nusantara, 01(01), 8–17.
Nasution, L. A., Khairiah, Siregar, J., & Novika, S. (2024). MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA CANVA UNTUK CALON GURU SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMU PENDIDIKAN(JIP), 1(1), 1–10.
Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20113–20117. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9442%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/9442/7698
Nuraini, E., Saktiari, L. I., & Kristiono, N. (2022). Implementasi Project Based Learning Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal, 1(1), 607–620.
Putri, N. L. P. D., & Astawan, I. G. (2022). E-LKPD Interaktif Dengan Model Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 303–311. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47231
Utarini, N. K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII BDP 1 SMK Negeri 1 Negara Best Practice. Widyadari Jurnal Pendidikan, 23(1), 105–114. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390990
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5452
Article Metrics
Abstract views : 18 times | PDF - 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.