PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN POLA LOPI SANDEQ MANDAR SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VIII B SMP NEGERI 1 WONOMULYO

Alfianti Bunasir, Muhammad Assaibin, Nuraimah Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan etnomatematika menggunakan lopi sandeq mandar sebagai bahan ajar matematika pada materi bangun datar kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonomulyo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yakni 1 guru dan 6 siswa . Hasil penelitian menunjukan siswa lebih tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan etnomatematika meski begitu ada tantangan bagi guru untuk menggunakan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran yakni memastikan bahwa materi yang di ajarkan sesuai dengan standar kurikulum nasional sambil memperhatikan budaya apa yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran matematika. Mereka belajar tidak hanya tentang matematika secara formal, tetapi juga bagaimana matematika terintegrasi dalam lopi sandeq mandar dan desain budaya. Pendekatan etnomatematika menggunakan pola Lopi Sandeq Mandar juga mengintegrasikan nilai-nilai budaya seperti apresiasi terhadap seni dan kerajinan tradisional. Ini tidak hanya mengenalkan siswa pada aspek-aspek matematika, tetapi juga pada warisan budaya mereka sendiri.

Keywords


Pendekatan Etnomatematika, Lopi Sandeq Mandar, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Assaibin, M., Rahayu, A., & Mardian. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 7 BUDONG-BUDONG.

Dama, Y. F., Bhoke, W., & Rawa, N. R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII.

Fatiha, N., Hadawiah, H., & Muliadi, M. (2023). Komunikasi Budaya Pada Masyarakat Mandar Dalam Mempertahankan Perahu Sandeq di Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.

Hasan, M., Hasibuan, S., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., Mattunruang, A. A., Nursaeni, Silalahi, D. E., Harahap, T. K., & Rodliyah, I. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Hasanah, D. I. I., Syarif, A., Ni’mah, L., Cahya, N. D., Mukti, S. A., & Bambang Eko Susilo. (2022). Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Datar dengan Berbantuan Media Batik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(1), 910–913.

Masamah, U. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL KUDUS.

Wahyu, S., Setiawan, T. B., & Sunardi. (2018). Etnomatematika pada Pura Mandara Giri Semeru Agung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Kadikma, 9(1), 156–164.

Wahyuni, E., & Suherman. (2023). EKSPLORASI NILAI BUDAYA MAYARAKAT SUKU MANDAR UNTUK MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 53–65.

Wulantina, E., & Maskar, S. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Lampungnese Etnomatematics Pada Materi Bangun Datar. TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 MENUJU SOCIETY 5.0, 7(2), 87–95.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v7i1.5455

Article Metrics

Abstract views : 124 times | PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/