Efektivitas Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Statistika

Yusni Nugrawati, Herlina Ahmad, Irfawandi Samad

Abstract


Pembelajaran outdoor atau pembelajaran diluar kelas secara tidak langsung mengingatkan siswa bahwa belajar tidak selalu dilakukan didalam ruangan kelas. Sehingga memberikan siswa ruang untuk mengeksplorasi dan memahami pembelajaran matematika dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pola design eksperimen control grup pretest – posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 04 Satap Bumal, dengan sampel penelitian kelas eksperimen kelas IX.a berjumlah 18 orang dan kelas control kelas IX.b berjumlah 14 orang. Instrument penelitian meliputi (1) tes hasil belajar, (2) angket respon siswa dan (3) lembar aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial (uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis statistik). Hasil analisis data menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 88,88%, respon siswa berada pada kategori positif dengan nilai 72,22%, dan aktivitas siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai 79,20%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran outdoor study efektif digunakan pada pembelajaran matematika khususnya pada materi statistika.         


Keywords


efektivitas; hasil belajar matematika; metode pembelajaran; outdoor study; statistika

Full Text:

PDF

References


Arif, Tiro. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, Implementasi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Maryana, Rita. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana

Rasmilah, Ikeu (2013) Pengaruh Pembelajaran Outdoor Study Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Bentuk Kepedulian Lingkungan disma: Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Talegong Kabupaten Garut. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak Diluar kelas. Jogjakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.549

Article Metrics

Abstract views : 193 times | PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.