Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 1 Matakali

Nuradilah Jalaluddin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Matakali yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 75.54 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 16.901 bervariasi dari nilai terendah yaitu 47 sampai tertinggi 100. Dari 24 peserta didik persentase ketuntasan yang dicapai sebesar 70.84% peserta didik diketegorikan tuntas. Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Matakali yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 58.46 dengan standar deviasi 20.001 bervariasi dari nilai terendah 25 sampai pada nilai tertinggi 87. Dari 28 peserta didik presentase ketuntasan yang dicapai sebesar 46.42% dikategorikan tuntas. Hasil analisis statistika inferensial yang diperoleh nilai thitung>ttabel yang menyebabkan H0 ditolak dan H1 diterima. Secara signifikan terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan prestasi belajar yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq 2008. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada media grup. Jakarta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Duch, Barbara J., Susan E.Grob, dan Deborah E. Allen. 2001. The Power of Problem Based Learning. Virginia Stylus Publishing.

Faturrohman, P. dan Sutikno, M. S. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam. Bandung: Refika aditama.

Hudoyo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Joyce, Bruce & Marsa Weil (1986). Model of Teaching, New Yersey: Prentice Hall Inc.

Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: PSMS Unesa.

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Konstektual. Makassar UNM.

Putra, Rizema, Sitiatava. 2013. Desain Belajar Kreatif Berbasis Sains. DIVA Pers.Yogyakarta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.551

Article Metrics

Abstract views : 177 times | PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.