Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar PPKn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar PPPKn peserta didik pada kelas VII SMP Negeri 5 Bambang Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu, dengan instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa.Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata hasil belajar PPKn di kelas eksperimen pada tahap prettest sebesar 55 dan berada pada kategori sedang dengan presentase sebanyak 94,1% dan pada tahap posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,71 dan berada pada kategori tinggi dengan presentase sebanyak 100%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar PPKn di kelas kontrol pada tahap pretest sebesar 53,7 dan berada pada kategori sedang dengan presentase sebanyak 78,9% dan pada tahap posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,2 dan berada pada kategori tinggi dengan presentase sebanyak 52,6%. Berdasarkan hasil uji analisis statistik inferensial yang dilakukan dengan menggunakan uji Compare Means Independent Samples t-test diperoleh nilai thitung> ttabel atau (4.874 > - 2.032) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima yang menyatakan bahwa: terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar PPKn peserta didik kelas VIII Kontrol SMP Negeri 5 Bambang yang menerapkan model pembelajaran Word Square dengan yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi ke 2). Jakarta : Bumi Angkasa.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Pradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (cetakan ke 2). Bandung:Alfabeta.
Djamarah Saiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hasan Iqbal, 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. (Cetakan Ketiga). Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Omar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontestual Konsep dan aplikasinya, (Cetakan pertama). Bandung: PT.Refika Aditama
Mulyasa. 2004. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. (Cetakan ketiga). Jakarta : Rineka Cipta.
Mujiman, Haris. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Priatno Duwi. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS17. Yogyakarta : C.V And
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. OFFSET.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi ke-2). Jakarta: Rajawali Pers.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran : Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Group.
Uno, B. Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, B. Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press
Winataputra Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. (Cetakan Pertama) Jakarta: Universitas Terbuka.
Winarno. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Wijana. 2011. Penerapan Model Belajar Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas Siswa VIII-C SMP Al-Falah Karangwangi Depok)
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.555
Article Metrics
Abstract views : 229 times | PDF - 95 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.