KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUTALLU

Ahmad Syah, Miftahul Jannah, Iramaya Iramaya

Abstract


Studi penelitian ini bertuejuan untuk mengevaluasi efektivitas Model Probleim Bosed Lerning (PBL) dan Project Based Lerning (PjBL) terhadap motievasi belajar matematik siswah kelas VIII SMP Negeri 2 Tutallu, dengan masing-masing kelas beranggotakan 30 siswah. Instrumein yang digunakaen adalah angkeit untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianaelisis meinggunakan metode statistiek deskriptief dan inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai perhitungan N-gain untuk kelas PBL adalah 63,02, yang termasuk kategori sedang, sedangkan untuk kelas PjBL adalah 61,68, juga dalam kategori sedang. Uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi keduanya adalah 0,00* < 0,05. Dari analisis deskriptif dan inferensial ini disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran, yaitu PBL dan PjBL, berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, dari hasil perhitungan N-Gain, disimpulkan bahwa penggunaan Model Probleim Baseid Learning (PBL) menmberikan pengaruh yang lebih besar dibaendingkan dengan model Project Based Learning (PjBL).


Keywords


Efektivitas, PembeIajaran Berdiferensiasi, HasiI BeIajar Matematik

References


Andreas, L. (2016). Konsep Manajemen Kurikulum Pendidikan. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1, 43.Diaksesdarihttp://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1014804&val=15400&title.

Bahri, S. (2017). Pengembangan. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. Diakses dari https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.6

Bhari Agusti. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Diakses dari https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Kamarulaih, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. Diakses dari https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kurniati, V., Sastrawijaya, Y., & Zaini, B. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 2(1), 64–74. Diakses dari https://doi.org/10.21009/pinter.2.1.9

Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perspektif gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 894–900. Diaksesdari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/9

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75. Diakses dari https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Suparno, P., SJ., & dkk. (2019). Reformasi pendidikan: sebuah rekomendasi. Diakses dari http://books.google.com/books?id=v9trSywGOT4C&pgis=1




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5557

Article Metrics

Abstract views : 0 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter