Upaya Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral

Barnida Barnida, Dermawan Dermawan, Suhaebah Nur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai pancasila bagi peserta didik kelas TKJ XI di SMK Negeri I Majene. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn yang berjumlah 1 orang dan peserta didik berjumlah 25 peserta didik. Metode pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai pancasila sudah cukup baik namun tetap perlu di adakan upaya peningkatan karena berbagai sikap nilai-nilai pancasila peserta didik masih ada walaupun hanya beberapa peserta didik. Peserta didik kurang menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah itu merupakan fondasi peserta didik atau kesadaran diri masing-masing peserta didik sehingga mereka sangat perlu untuk selalu di bimbing dan di arahkan pada hal-hal yang positif. Upaya yang di lakukan guru PPKn untuk meningkatkan pemahaman peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai pancasila bukan hanya guru PPKn. semua guru mata pelajaran yang lain juga mampu berperan dalam menanamkan nilai-nilai pancasila kepada peserta didik karena di dalam nilai-nilai pancasila termuat di dalam pancasila yang mudah di pahami dan di amalkan kepada peserta didik. Penerapan nilai-nilai pancasila juga mampu berperan di dalam lingkungan kehidupan keluarga, masyarakat dan berbangsa dan bernegara.


Keywords


Guru PPKn; Nilai-nilai moral

Full Text:

PDF

References


Anggoro Toha M. (2011). Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas. (2002). Teori motivasi belajar. Jakarta

Departemen Agama RI. (2002). Metodologi pendidikan agama islam. Jakarta: Ditjen binbaga Empat Pilar kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Fahmi, Tola Baharuddin. (2003). Standar penilaian di kelas jakarta: Departemen Agama RI.

Sardiman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gajah Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka cipta.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (1995). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.

Usman, Uzer Moh. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003. (2006) Bandung: Citra Umbara

Widisudharta. (2012). –webbly.com/ metode penelitian skripsi. (online). Http: WWW.dunia pelajar.com/2012/1202.html

Tiro. (2004). Dasar-dasar Statistik. Ujung Pandang: UNM.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.556

Article Metrics

Abstract views : 249 times | PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter