Upaya Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai pancasila bagi peserta didik kelas TKJ XI di SMK Negeri I Majene. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn yang berjumlah 1 orang dan peserta didik berjumlah 25 peserta didik. Metode pengumpulan data ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Upaya guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai pancasila sudah cukup baik namun tetap perlu di adakan upaya peningkatan karena berbagai sikap nilai-nilai pancasila peserta didik masih ada walaupun hanya beberapa peserta didik. Peserta didik kurang menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungan sekolah itu merupakan fondasi peserta didik atau kesadaran diri masing-masing peserta didik sehingga mereka sangat perlu untuk selalu di bimbing dan di arahkan pada hal-hal yang positif. Upaya yang di lakukan guru PPKn untuk meningkatkan pemahaman peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai pancasila bukan hanya guru PPKn. semua guru mata pelajaran yang lain juga mampu berperan dalam menanamkan nilai-nilai pancasila kepada peserta didik karena di dalam nilai-nilai pancasila termuat di dalam pancasila yang mudah di pahami dan di amalkan kepada peserta didik. Penerapan nilai-nilai pancasila juga mampu berperan di dalam lingkungan kehidupan keluarga, masyarakat dan berbangsa dan bernegara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggoro Toha M. (2011). Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka
Depdiknas. (2002). Teori motivasi belajar. Jakarta
Departemen Agama RI. (2002). Metodologi pendidikan agama islam. Jakarta: Ditjen binbaga Empat Pilar kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Fahmi, Tola Baharuddin. (2003). Standar penilaian di kelas jakarta: Departemen Agama RI.
Sardiman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gajah Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka cipta.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (1995). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.
Usman, Uzer Moh. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003. (2006) Bandung: Citra Umbara
Widisudharta. (2012). –webbly.com/ metode penelitian skripsi. (online). Http: WWW.dunia pelajar.com/2012/1202.html
Tiro. (2004). Dasar-dasar Statistik. Ujung Pandang: UNM.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.556
Article Metrics
Abstract views : 249 times | PDF - 181 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.