Pengaruh Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMPN 2 Sumarorong. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen pada kelas VIIIa dan kelas VIII b sebagai kelas control dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalampengambilan data ini adalah tes, metode angket, dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data adalah menggunakan diskriptif kuantitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan belajar mengajar PKn dengan penggunaanpembelajaran practice rehearsal pairs berpengaruh terhadap hasil belajar PKn peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwauji kesamaan rata-rata pos tes diperoleh thitung = 6,639 dan ttabel = 2,84 Dengan demikian thitung > ttabel yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak sama dan berpengaruh terhadap hasil belajar PKn peserta didik dengan menerima hipotesis H1 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn pada peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe practice rehearsal pairs (PRP).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Abu dan M. Umar. 2004. Psikologi Umum. Surabaya: Bina Ilmu
Daryanto. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi Ketut Sukardi. 2003. Bimbingan & Penyuluhan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zaini. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
George Brown dan E. C. Wregg. 2007. Bertanya. Jakarta: Grasindo. http://andinurdiansah.blogspot.com/2010/10/teori-belajar-aktiv-dave-meier-teori.html
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Mengajar, (Bandung: SInar Baru Algesindo
Hartono.2006. Kamus Praktis Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail SM, 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasal Media Group.
Made Wena, 2008.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Akasara
Marno & M. Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran, Yogyakarta: Ar. Ruzz Media Group
Mudjiono, Dimyati, 1994. Belajar dan Pembelajaran.Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.Depdiknas.
Muhaimin, 2006.Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Citra Media.
Mardalis.2005. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta: Bumi Aksara
Margono, 2007.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
M. Nasir, 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalla
Narbuko, Cholid dan Abu Ahmad, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Noriasih, Ni Ketut. 2012.Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Bacaan Ditinjaudari Konsep Diri Akademik Siswa. Bali: Undiksha Singaraja.
Pasarisu dan Simanjuntak, 2000.Proses Belajar Mengajar.Bandung: Tarsito
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Silberman, Mel. 2005. Active Learning; 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Sutrisno, 2005.Revolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Rutt.
Suprijono, Agus. 2009. 100 Perative Learning Team & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno dan Waras Kamdi. 2008. Pengembangan dan Profesionalitas Guru, Malang: Depdiknas.
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belaja Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta
Sumanto, 2005.Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan.Yogyakarta: Andi Offset.
Tim Penysun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indoonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa.
Usman, Moh. Uzer. 2003. Upaya Optimalisasi Kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Wahidmurni, Nur Ali. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Pendidikan Agama Dan UmumDari Teori Menuju Praktek Disertai Contoh Hasil Penelitian). Malang: UM Press
Wayan Nur Kancana & Sunartana. 2006. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Widyantini.2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: RemajaRosdakarya
Zaini, Hisyam et al. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.557
Article Metrics
Abstract views : 273 times | PDF - 137 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.