Analisis Penerapan Manajemen Mutu Pelayanan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Puangrimaggalatung Sengkang
Abstract
Setiap perguruan tinggi harus memikirkan strategi pemasaran yang paling baik, paling tepat dan sesuai agar dapat bertahan dan terus berkembang dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen mutu pelayanan di STKIP puangrimaggalatung Sengkang dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen mutu pelayanan di STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu di lingkup STKIP Puangrimaggalatung Sengkang telah mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pergerakan dan pengawasan. Begitu pula pelaksanaan manajemen mutu sudah berjalan dengan baik, meskipun dalam beberapa hal masih perlu dioptimalkan. Seperti dalam hal bimbingan akademik dan sumber daya pendukung. Dengan adanya penelitian ini membuktikan bahwa mutu pelayanan di STKIP Puangrimaggalatung Sengkang berjalan dengan baik karena didasari oleh pelaksanaan manajemen yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philip. & Keller 2009. Marketing Management : 13th Ed. Prentice Hall, Inc.
Lukman, Sampara, 2004. Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA LAN Press. Jakarta.
Manulang, M. 2006. Dasar-Dasar Manajemen. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Manullang, Marihot AMH, 2007. Manajemen Personalia, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Mark, A. Fryman. 2002. Quality and Process Inprovement, Delmar.
Moleon, Lexy S. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Monir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.
Mulyadi. 2008. Total Quality Management. Aditya Media. Yogyakarta.
Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purwanto E.A. dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Gaya Media. Yogyakarta.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Jakarta
Sarwoto. 2005. Sistem Manajemen Mutu. PPM. Jakarta.
Sastrohadiwiryo, Siswanto, 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. PT Bumi Aksara. Jakarta
Scott, George M., (1999), Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen, PT. Raja Grafindo Persada.
S. P. Siagian P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Soewarno Handayaningrat. 1999. Pengantar Studi Ilmu Administrasi Manajemen. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Suardi, Rudi .2004. Sistem Manajemen Mutu. PPM. Jakarta.
Sugiarto, Endar, 1999, Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Sudjana. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.
Tjiptono, Fandi. 2005. Manajemen Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.
Thomas. S. 2002. Dasar-dasar Perkreditan. Edisi Keempat. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Winardi, 2004, Manajemen Perilaku Organisasi. Prenada Media. Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.568
Article Metrics
Abstract views : 135 times | PDF - 85 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.