Keluarga Pondasi Utama Mecetak Generasi Berbudaya Literasi

Fahrina Yustiasari Liri Wati

Abstract


Pendidikan yang berkualitas menjadi sebuah kebutuhan penting diera persaingan global yang kian kompetitif.  Para pengatur kebijakan ditingkat pusat pastinya sudah menyadari akan hal tersebut. Untuk menjadikan dunia pendidikan berkualitas, tentu sangat banyak faktor yang berkaitan dan saling mempengaruhi.  Salah satu upaya pemerintah menjadikan pendidikan berkualitas adalah melalui meningkatkan budaya literasi.Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama bagi anak. Di lingkungan keluarga pertama-tama anak mendapat pengaruh, karena itu keluarga merupakan lembaga pendidikan tertinggi yang bersifat informal dan kodrat. Pada keluarga inilah anak mendapat asuhan dari orang tua menuju ke arah perkembangannya. Peran keluarga menjadi sangat penting dalam membangun budaya literasi dini pada anak, hal ini dikarenakan keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan anak.  Peran keluarga dalam menumbuhkan budaya literasi dini anak dimulai dari print motivation, phonological awareness, vocabulary, narrative skill, print motivation dan letter knowledge.  Dengan membangun budaya literasi dini dalam keluarga, maka keluarga bisa menyelamatkan anak dari budaya malas membaca yang dapat mempengaruhi masa depan anak dan perkembangan anak

Keywords


Budaya; Keluarga; Literasi

Full Text:

PDF

References


Akbar-Hawadi, Reni. (2001). Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo

Baedowi, Ahmad. (2012). Calak Edu: Esai-esai Pendidikan 2008-2012. Jakarta: Pustaka Alvabeta

Gleed, Alasdair. (2013). Bookstrust Reading Habits 2013 Survey in England: a National Surveu of Reading Habits and Attitudes to Books Amongst Adults in England.

Habibi, MA. Muazar. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Yogyakarta: Deepublish

Hapsari, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks Peck, Penny.

Hariyanto, Agus. (2009). Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca: Panduan dan Metode Penerapanya. Yogyakarta: Diva Press

Kertamuda, Miftahul Achyar. (2015). Golden Age. Jakarta: Elex Media Komputindo Leonhardt,

Mary. (2009). 99 Cara Menjadikan Anak Keranjinga Membaca. Bandung: Kaifa.

Muktiono, Joko. D, (2003). Aku CInta Buku: Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo

Musfiroh, Tadkiroatun. (2009). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences Mengajar sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Seefeldt, Carol., Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks

Sunarti, E. (2004). Mengasuh Dengan Hati. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.569

Article Metrics

Abstract views : 268 times | PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.