ANALISIS KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACADAN HURUF KAPITAL DALAM MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMPN 3 BALLA

Aco Nasir, Naim Irmayani, Rahmi Dwisintia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VII SMPN 3 Balla dalam menggunakan tanda baca dan huruf kapital dalam menulis surat pribadi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan observasi dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Data dikumpulkan pada tanggal 13 Mei 2024 melalui observasi langsung dan pemberian tugas penulisan, kemudian dilanjutkan dengan analisis data dari tanggal 20 Mei hingga 23 Juni 2024. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang bervariasi dalam penggunaan tanda baca dan huruf kapital. Secara umum, siswa menunjukkan pemahaman yang baik dalam penggunaan tanda baca dasar seperti titik, koma, dan tanda tanya, dengan persentase yang tinggi (80%, 65%, dan 75% masing-masing). Namun, terdapat kesulitan dalam penggunaan tanda baca yang lebih kompleks, seperti tanda titik koma (40%) dan tanda arah miring (45%). Untuk huruf kapital, siswa juga menunjukkan performa yang bervariasi, dengan penggunaan yang sangat baik di awal kalimat (85%) dan cukup baik untuk nama pribadi dan tempat (60%), tetapi kurang memadai untuk nama bulan dan hari (55%). Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian lebih dalam pengajaran penggunaan tanda baca yang kompleks dan detail huruf kapital. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, frekuensi latihan, dan motivasi siswa berpengaruh terhadap kemampuan mereka.

 


Keywords


Tanda Baca, Huruf Kapital, Surat Pengalaman Siswa

Full Text:

PDF

References


Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis Penggunaan tanda baca pada teks narasi siswa kelas VII SMPN 2 KAPUR IX. Deiksis, 10(03), 274.

Haeriyati, H. (2019). Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Penulisan Huruf Kapital dengan Pola Latihan Berjenjang pada Siswa Kelas V SDN Semundal Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(2).

Haryanti, A. S. (2019). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Pada Karangan Deskripsi Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswauniversitas Indraprasta Pgri. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 351-367.

Hastati, S. (2013). Analisis Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Surat Dinas Kelurahan Tanjung Ayun Sakti Tahun 2017. ANALISIS PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA DALAM SURAT DINAS KELURAHAN TANJUNG AYUN SAKTI TAHUN 2017.

Mansur, T. Q. (2018). KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENGGUNAAN HURUF KAPITAL PADA TEKS DI KEBUMEN. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 27-33.

Mulyani, D. M., & Fitriani, H. S. H. (2019). Analisis Kesalahan Pengunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Karangan Sederhana Siswa Kelas III SDN II Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 13-24.

Dewi, M. S., Khaeriyah, K., & Rosidin, O. (2023). KEMAMPUAN SINTAKSIS ANAK USIA DUA TAHUN SEPULUH BULAN DITINJAU MELALUI MEAN LENGTH OF UTTERANCE. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 125-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5692

Article Metrics

Abstract views : 24 times | PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.