PENGARUH MANAJEMEN PUSKESMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DI LINGKUNGAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Pembangunan kesehatan yang berkualitas mampu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat secara mandiri bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Masyarakat cenderung menuntut pelayanan umum yang lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu termasuk pelayanan kesehatan. Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan maka fungsi pelayanan kesehatan dasar di puskesmas secara bertahap perlu terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting bagi pembangunan nasional. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Manajemen Puskesmas terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Lingkungan Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2024. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional Study. Populasidan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala puskesmas, Kepala Tata Usaha dan Pegawai puskesmas yang memberikan pelayanan di 22 puskesmas yang ada dalam wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat, yaitu sebanyak 308 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis secara univariat dan bivariat, uji multivariat yang digunakan adalah uji chi-square menggunakan laptop denganprogram statistik (SPSS). Terdapat semua variabel apa yang paling berhubungan dengan mutu pelayanan puskesmas. Variable yang paling berpengaruh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pengawasan, pengendalian dan penilaian (p= 0,000) dan penguatan penggerakan dan pelaksanaan (p=0,000) terhadap mutu pelayanan puskesmas dan variable ada pengaruh perencanaan dengan nilai (p= 0,001), di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan uji chi-square.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sumber referensi maksimal 10 tahun terakhir. Ainurrahmah, Y. (2015) Pengaruh Manajemen Puskesmas terhadap AksesPelayanan Kesehatan untuk Mewujudkan Mutu Pelayanan Kesehatan.
Anita, B., Febriawati, H. and Yandrizal (2019) Pusksmas Dan Jaminan Kesehatan Nasional. Sleman: Deepublish.
Arif, R. (2011) Penilaian Kinerja. PT Sarana Panca Karya Nusa.
Arifin, S. et al. (2019) ‘Buku ajar manajemen kesehatan’, (June), p. 282. Available at: https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=fstream 932.
Arikunto, S. (2019) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Artini, I.., Suarjana, I.. and Wijawa, G. (2016) ‘Hubungan Penerapan Manajemen Puskesmas Dan Komitmen Kerja Dengan Mutu Pelayanan Pengobatan Di Puskesmas Kabupaten Karangasem, Bali’, Universitas Udayana, 4, pp. 43–51. Available at: https://lib.fikm.ui.ac.id/detail?id=127140&lokasi=lokal.
Atabik, A. (2016) ‘Managemen Dakwah Perspektif Al-Qur ’ an’, Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), pp. 131–146.
Choudry, M.I. (2016) Rancang bangun.
Departemen Kesehatan RI (1989) ‘Pedoman Praktek Hwmatologi’.
Dinas Kesehatan Provinsi Maluku (2022).
Dipta Kharisma, T.Y. (2017) ‘Jalan Profesor Haji Soedarto, Sarjana Hukum Tembalang Semarang Kotak Pos 1269’, p. 11. Available at: https://www.mendeley.com/catalogue/6e6d9758-be99-3ac2-8623-
Ertanto (2012) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Tenaga Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum DR. H Soewondo Kendal.
Firmansyah, Anang, M. and Mahardika (2018) No Title, Pengantar Manajemen. Joykarata: CV. Budi Utama.
Herawati et al. (1996) Manajemen Pelayanan Kesehatan, Syria Studies.
Irmawati, S., Sultan, H. and Nurhannis, D. (2017) ‘Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu’, E I Katalogis, 5,.
Kemenkes RI, 2015 (2015) ‘PMK No. 46 ttg Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi.pdf.part’. Available at: http://www.slideshare.net/adelinahutauruk7/permenkes-no-46-tahun-2015-tentang-akreditasi-puskesmas-klinik-pratama-tempat-praktik-
‘Kementerian Kesehatan RI’ (2014).
Leebov, W., Vergare, M. and Scott, G. (1990) Patient Satisfaction: a guide to practice enhacement. Medical Ec.
Lenaini, I. (2021) ‘Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling’, HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), pp. 33–39. Available at: http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis.
Manajemen, P. et al. (2015) ‘Managemen Kesehatan’, pp. 239–256.
Mananeke, T.D.W., Rares, J.J. and Tampongangoy, D. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas’.
Melinting, D.J. (2017) Manajemen pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani Kota Metro.
Muninjaya, G.A.A. (2011) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Naima, Sudirman, M.A. (2016) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong.
Niah, N.S. (2022) Manajemen Pelaksanaan Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Jombang Jawa TimurNo Title.
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
‘Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75’ (2014).
‘PERMENKES 44’ (2016).
Pohan (2007) Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta.
Riffai, M.A. (2014) Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta.
Riyadi, R. (2015) Mutu pelayanan kesehatan peserta JKN di puskesmas kecamatan Kembangan.
Sanjaya (2015) Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Siahainenia, M.H. (2020) ‘Analisis kualitas pelayanan petugas ruang rawat inap terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Saparua’, p. 72.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Keputusan Menteri Kesehatan (1972).
Suwarni (2013) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Swasta Rumah Sakit Kanker Dharmais.
Tarumaselej, L.A. (2020) ‘Pengaruh Manajemen Puskesmas Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Di Kota Ambon’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Jurnal), 10(4), pp. 417–422. Available at: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3167/3/K012182033_tesis 1-2.
Undang-Undang Nomor 36 Tentang Kesehatan (2009).
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5694
Article Metrics
Abstract views : 242 times | PDF - 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.