Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Metakognitif pada Materi Bilangan Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 3 Malunda

Elviana Elviana, Herlina Ahmad, Febryanti Febryanti

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Malunda khususnya pada materi bilangan. Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui strategi pembelajaran Metakognitif dengan jumlah peserta didik 33 orang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif yaitu untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik serta persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika, dimana nilai rata-rata pada tes awal adalah 1,88 dengan persentase ketuntasan sebesar 30,30% meningkat pada siklus I dengan nilai rata-ratanya adalah 2,64 dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 69,70% terus meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai yang diperoleh 3,13 dengan persentase ketuntasan yang dicapai adalah 90,90% dan juga dapat dilihat dari observasi sikap/afektif dengan meningkatnya indikator-indikator yang meliputi delapan aspek sikap, serta adanya peningkatan keterlaksanan guru dalam mengajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dikelas VII A SMP Negeri 3 Malunda mengalami peningkatan setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Metakognitif pada materi bilangan.


Keywords


Hasil Belajar; Strategi; Pembelajaran Metakognitif

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anggo, Mustamin. 2014. Strategi Metakognisi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi, 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto & Raharjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto & Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta. Gava Media

Herryanto, Narr & Hamid, Akib 2007. Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hollands, Roy. 1995. Kamus Matematika. Jakarta: Erlangga.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.

Jackson. 1991. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2014. Matematika SMP/MTS kelas VII. Jakarta

Kusumah Fitri. 2015. Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar peserta didik Pada Materi Operasi Aljabar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A match di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Malunda. Unasman. (tidak dipublikasikan)

Khoiriah, Tuti. 2015. Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia

Mulbar, Usman. (2008) “Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika”.

Muslim, Arifin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Metakognitif.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Goup.

Sudjana. 1995.cara belajar peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar. Jakata

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Kontuktifisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Volkerr David. 2004. Seri Matematika Keterampilan Statistika. Bandung. Pakar Raya




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.570

Article Metrics

Abstract views : 145 times | PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.