Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas VIIBSMP Negeri 7 Polewali. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 7 Polewali yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur kerja penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dan pengamatan melalui lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar matematika mengalami peningkatan melalui metode pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas VIIBSMP Negeri 7 Polewali. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) meningkatnya skor rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yaitu 66,87 pada siklus I menjadi 74,20 pada siklus II; (2) meningkatnya persentase peserta didik yang tuntas belajar yaitu 76,7% pada siklus I menjadi 96,3% pada siklus II; dan(3) meningkatnya aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II sedangkan aktivitas peserta didik yang tidak sesuai pembelajaran menurun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Basuki, T. 2000. Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis. Bandung: PPS UPI Bandung
Buzan, Tony, 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama, Cet. VI.
Buzan. Tony dan Barry. 2004. Memahami Peta Pikiran: The Mind Map Book. Batam: Interaksa.
Buzan. Tony. 2004. Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dimyanti & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, J.J. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.571
Article Metrics
Abstract views : 161 times | PDF - 98 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.