Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar Matematika di SMP Negeri 4 Polewali peserta didik kelas VIII dengan melihat hasil belajar, aktivitas dan respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 1 kelompok yaitu peserta didik kelas VIIID. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif pada kelas VIIID diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,47 > KKM atau mencapai ketuntasan klasikal 85%, yaitu mencapai 86,84%. Dan berdasarkan analisis terhadap instrument non tes diperoleh aktivitas peserta didik pada kelas VIIID memenuhi kriteria keaktifan yaitu rata-rata persentase keaktifan peserta didik adalah 78,50% dan respon peserta didik berada pada kategori positif yaitu rata-rata persentase respon positif adalah 84,31%serta Hasil uji analisis one sampel t test diperoleh signifikansi 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Examples Non Examples efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Polewali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Bandolan,Jaya. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Reprtition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pana’ Kab. Mamasa. Skripsi. Makassar : YPUP.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosakarya.
Muliawan. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Nuharini, dewi. & wahyuni, tri. 2008. Buku Matematika Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Penelitian.Bandung : Alfabeta.
Ruslaeli. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang kecamatam Lembang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Polewali Mandar : UNASMAN ( Tidak Dipublikasikan )
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT.Rajagrafindo Persada.
Sarah, Sitti. 2013. Efektivitas Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Campalagian. Skripsi. Polewali Mandar: UNASMAN (Tidak Dipublikasikan )
Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sudjono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan.. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Susilo, Joko. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Examples Non Examples Kelas X Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pajar Bulan. Skripsi. Pagaralam : (STKIP) Muhammadiyah Pagaralam.
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tiro,M.A. 2007. Statistika Terapan. Makassar: Andira Publisher
Tiro,M.A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar : Andira Publisher
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Dan Kontekstual. Jakarta : Kencana
Yuniati, Emi. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Exsamples Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Dimensi tiga Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.572
Article Metrics
Abstract views : 268 times | PDF - 121 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.