Analisis Penerapan Teknik Evaluasi melalui Illuminative Model dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Alkhairaat Biromaru

Dewi Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diterapkan teknik evaluasi melalui  Illuminative Model  serta penerapan teknik evaluasi Illuminative Model dalam meningkatkan hasil belajar matematika Pada Siswa Kelas  VIII MTs Alkhairaat Biromaru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One group Pretest-Postest Design. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas MTs Alkhairaat Biromaru yang berjumlah 52  orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, Pedoman Wawancara, Angket dan Pedoman Tes. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebelum penerapan Teknik Evaluasi Melalui Illuminative Model dikategorikan sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase sebesar 98,08 % dari 51 siswa berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 14,85. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Biromaru setelah penerapan Teknik Evaluasi Melalui  Illuminative Model dikategorikan tinggi. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase sebesar 53,84 % dari 28 siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 76,87. (3) Dari hasil uji-t dengan menggunakan Independent Sample T-test, terlihat pada t-test for Equality of Means diperoleh nilai Sig  (2-tailed) = 0,000 < 0,05 ini berarti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan Teknik Evaluasi Melalui  Illuminative Model.


Keywords


Teknik Evaluasi; Illuminative Model

Full Text:

PDF

References


Daryanto .1997. Evaluasi Pendidikan. Solo: PT Rineka Cipta.

Prasetyo, dkk. 2007. Filsafat Dunia Matemaika Pengantar untuk Memahami Konsep-konsep Matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Risnawati. 2009. Penerapan Teori Belajar Sibernetik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. No.20 Bontosunggu Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan keguruan, UIN Alauddin Makassar.

Rusyan, Tabrani. 2006. Kunci Sukses Belajar. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.

Sudjana. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Suherdi, dkk. 1998.Evaluasi Pengajaran. Ujung Pandang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Suherman, Erman .2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica, 2003.

Syafruddin Nurdin. 2005.Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Bebasis Kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching

Wina sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.576

Article Metrics

Abstract views : 1268 times | PDF - 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.