Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode Terbimbing dengan Media Teks Lagu
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo berjumlah 31 orang. Penelitian difokuskan pada peningkatan proses dan hasil menulis cerpen melalui metode terbimbing berbantuan media teks lagu pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan metode terbimbing berbantuan media teks lagu pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Wonomulyo dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peningkatan sikap peserta didik yang positif selama pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dibuktikan dengan sikap peserta didik yang serius, aktif, dan antusias selama pembelajaran. Peningkatan hasil ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata cerpen peserta didik. Skor rata-rata peserta didik pada pratindakan, siklus I, dan siklus II adalah 70.12, 74.94, dan 81.46. Dengan demikian, keterampilan menulis cerpen peserta didik telah mengalami peningkatan, baik pada kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran setelah dilakukan tindakan melalui metode latihan terbimbing berbantuan media teks lagu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Andini, Novara L. 2013. Keefektifan Metode Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif. Jakarta: PT. Macan Jaya Cemerlang.
Endraswara, dkk. 2002. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Radhita Buana.
Fitryana, Dewi Ika. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Berita dengan Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Sripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Madya, Suwarsih. 2011. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa BerbasisKompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, Rachmat D. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sarumpaet, Riris K. 2002. Apresiasi Puisi Remaja: Catatan Mengolah Cinta Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
Tarigan, H.G. 2005. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wenger, Win. 2003. Beyond Teaching and Learning (diterjemahkan oleh Ria Sirait dan Purwanto). Bandung: Nuansa.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.577
Article Metrics
Abstract views : 300 times | PDF - 97 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series
E-ISSN: 2686-3472
Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: peqguruang@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.