PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA DI MTs YATI KAMANG MUDIK

Dina Selvia, Zulfani Sesmiarni, Wedra Aprison, Supratman Zakir, Hari Antoni Musril

Abstract


Observasi awal peneliti mendahului penelitian ini di MTs Yati Kamang Mudik pada tanggal 9 Oktober 2023, Guru informatika masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yang menghasilkan hasil belajar yang rendah. Terlihat dari prestasi akademik siswa pada. Banyak siswa masih belum mencapai di semester pertama KKM yakni sebesar 75. Selain itu, diharapkan para guru dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dan memilih model pembelajaran yang cocok untuk materi belajar. Banyak faktor mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa, salah satunya adalah faktor pembelajaran yang inovatif dan tepat dengan menggunakan model. Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana model pembelajaran berbasis proyek (Pjbl) diterapkan untuk mengatasi masalah ini. berdiferensiasi mengubah hasil belajar informatika di MTs Yati Kamang Mudik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen, atau eksperimen semu, untuk populasi seluruh kelas VII di MTs Yati Kamang Mudik tahun pelajaran 2023/2024 jumlah siswanya ada 53 orang. Dua kelas VII-1 adalah kelas eksperimen dan kelas VII-2 adalah kelas control digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian. Semua kelas memiliki 27 siswa. Menurut hasil penelitian, kelas eksperimen memperoleh 85,56 poin rata-rata, sedangkan kelas kontrol memperoleh 74,42 poin. Sig (2-tailed) 0,000 di bawah 0,05 ditemukan dalam hasil uji t. Akibatnya, tingkat kebenaran hipotesis yang diajukan adalah H0 ditolak, H1 diterima. Hasil Penelitian MTs Yati Kamang Mudik Kelas VII Informatika dipengaruhi secara signifikan oleh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berdiferensiasi.


Keywords


Model Project Based Learning (Pjbl);Berdiferensiasi; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Pangkep. Jurnal PENA : Penelitian Dan Penalaran, 9(1), 33–45.

Iswantir. (2019). Pendidikan Islam Sejarah, Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. AURA (CV. Anugrah Utama Raharja).

Mardiani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Bachelor. Thesis, Universitas Islam Negeri Syarif ….

Muhyi, M., Hartono, Budiyono, sunu catur, Satianingsih, R., Sumardi, Ridai, I., Zaman, a. qomaru, Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press, 1–82.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).

Z, A. S., Supriadi, Charles, & Jasmienti. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Di MAN 2 Payakumbuh Pendahuluan. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 332–338.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5786

Article Metrics

Abstract views : 119 times | PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter