Hubungan antara Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri I Tapalang

Aida Budiani Idrus, Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuipengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII di SMP Negeri I Tapalang, (2) Untuk mengetahuipengaruh motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII di SMP Negeri I Tapalang, dan (3) Untuk mengetahuipengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII di SMP Negeri I Tapalang Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengumpulan melalui observasi, penyebaran angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian meliputi: uji validasi dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi; uji normalitas, uji multikorelasi dan uji heteroskedastisitas, uji regresi, uji sumultan (F) dan uji parsial (t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh motivasi intrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIIIdi SMP Negeri I Tapalang yakni rendah;(2) terdapat pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIIIdi SMP Negeri I Tapalang yakni rendah; dan (3) terdapat pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII di SMP Negeri I Tapalang yakni rendah.


Keywords


Motivasi Intrinsik; Motivasi Ekstrinsik; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ambo, Enre. 1991. Pokok-Pokok Pelayanan Bimbingan Belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP Ujung Pandang.

Ahmadi, Abu. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Baharuddin & Wahyuni, Esa Nur. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bayu Winarno. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Chatarina, Anni. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES PRES

Dalyono M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimiyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya

Djaafar, Hj. Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran TerhadapHasil Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Dwi Lathif, 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar, dan MotivasiBelajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMA Negeri 01 Kota Mungkid, Magelang. Tesis.(eprints.uny.ac.id>jurnal)

Hadi, Sutrisno. 2002. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hermiah, Tahir. 2012. Pengaruh Status Sosial Bahasa Indonesia Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas VIII Jurusan Bahasa Indonesia SMP Negeri I Tapalang. Universitas Negeri Tapalang: Perpustakaan UNM.

Lestari Budi. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 2 Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Tesis. PPs-UNY

Manullang, M. 2000. Manajemen Personalia. Medan: Gajah Mada Universitas Pressan.

Mujiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2006. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Program Pascasarjana Universitas Negeri Tapalang. 2012. Pedoman penulisan tesisdan disertasi ( Edisi Kelima). Tapalang: Penerbit UNM

Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV

Rahmi Tenri Kati. Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMAN 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone.

Rasyad, Aminuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Uhamka Press. 2003.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Karya Ilmiah. Bandung. Alfabeta

Sabri, M. Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Tapalang: Badan Penerbit UNM.

Sardiman AM. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyowati. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. Universitas Negeri Semarang. (Online),(http://Wodrpres.Com, Diakses 26 November 2016).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN-Salatiga Press

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.581

Article Metrics

Abstract views : 135 times | PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter