Efektivitas Media Youtube pada Tayangan Reality Show dalam Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda
Abstract
Berdasaran hasil observasi di SMP Negeri 3 malunda yang merupakan salah satu SMP di Kecamatan Malunda yang menerapkan kurikulum 2013. Kendatipun telah menerapkan kurikulum 2013 akan tetapi, kemampuan menulis karangan narasi peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menggambarkan efektivitas media youtube pada tayangan reality show dalam menulis karangan narasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Maalunda. Jenis penelitian ini adalah Ekperimen (Membandingkan). Subjek penelitian ini adalah menulis karangan narasi yang dilaksanakan di kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 3 Malunda. Yang berjumlah 50 peseerta didik. Peneliti menggunakan Instrumen tes, observvasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media youtube hasil tes akhir mengalami perbandingan. Nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen sebesar 66,00 dan setelah media diterapkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,00. Keefektifan ini disebabkan oleh kemampuan peserta didik dalam mengamati dan memahami tayangan youtube (Jika Aku Menjadi Pencari Biawak) yang mereka saksikan, lalu menceritakan kembali isi dari tayangan tersebut. Adapun yang menjadi kendala dari penelitian ini adalah penggunaan media youtube pada tayangan reality show dalam menulis karangan narasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda masih kurang diterapkan oleh guru
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Caryn.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa.
Emzir. 2015. Metodologi Penelitisn Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Fakih, Mansour, dkk. 2004. Pendidikan Popular Panduan Pendidikan Metode Kritis
Partisipatoris. Jogjakarta: STS Perdikan dan Insist Press.
Halim, Amran. 2004. Teknik Pengajaran Menulis. Jakarta: Djambatan.
Haryono, Anung. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Johson, Elaine.2009. Contekstual Teaching & Learning. Diterjemahkan oleh Chaedar Alwasilah. Bandung. Mizan Media Utama
Keraf, Gorys. 1986. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya. Bandung. Refika Aditama
Mirriam. 2005. Daripada Bete Nulis Aja. Bandung: KAIFA.
Milles, Matthew dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nurhusain, Muhammad. 2009. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Dengan Pendekatan Contextual Theacing And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 26 Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.”
Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang. UMM Pres.
Patombongi, A. Wardihan, dkk. Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia. Makassar: UNM
Setyosari, Punaji.2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya.Jakarta. Kencana prenada Media Group
Somad, Adi Abdul, dkk. 2008. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Surabaya: JP Books.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: PT Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.582
Article Metrics
Abstract views : 159 times | PDF - 83 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.