Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Structure and Picture

Tutiana Tutiana

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 4 Malunda yang terdiri dari 31 peserta didik dengan perincian 17 peserta didik laki-laki dan  14 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan pedoman observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa data siklus I nilai terendah 61 dan nilai tertinggi 76 dengan jumlah peserta didik yang memperoleh kategori tuntas 11 peserta didik atau sebesar 35% sedangkan pada siklus II nilai terendah 72 dan nilai tertinggi 89 dengan jumlah peserta didik yang memperoleh kategori tuntas 31 peserta didik sebesar 100%. Nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa penggunaan metode stucture and picture dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesiapeserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 4 Malunda. Selain perubahan sikap dan berada pada tingkat penguasaan materi antara 70-79% berada pada kategori cukup yang dianalisis dari siklus I dan siklus II sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Berdasarkan aktivitas, peserta didik di setiap siklus mengalami perubahan selama proses pembelajaran, peserta didik umumnya bersemangat dan termotivasi dengan penggunaan metode stucture and picture.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Structure and Picture

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2004. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas. 2006. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Balai Pustaka.

Djumingin, Sulastriningsih. 2010. Penilaian dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BP UNM: Makassar.

Hamsah, Akmal dan Wardihan. 2004. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual. Makassar: UNM.

Harnidah. 2006. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone.” Skripsi. Makassar: FIP UNM.

Ibrahim, Muslimin, dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Johnson, Elanie B. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Komalasri, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Meidar & Mukti, 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda. Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi, dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Nurjamal, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Alfabeta: Bandung.

Rofiuddin, dkk. 1998. Interaksi Belajar Mengajar bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Syamsiah. 2007. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pinrang.” Skripsi. Makassar FBS UNM.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Angkasa: Bandung.

Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: PT Angkasa.

Wardoyo. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.583

Article Metrics

Abstract views : 98 times | PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.