DAMPAK BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN DI. PT MUSHROOM JAMUR TIRAM CRISPY (STUDI KASUS KUAJANG POLEWALI MANDAR)

Nurul Iqraini D, Nuhaya Kusmiah, Hasanuddin Kandatong, Irmayanti K

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak bauran pemasaran terhadap minat konsumen di PT. Mushroom Jamur Tiram Crispy , sebuah perusahaan yang berlokasi di di Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Bauran Pemasaran yang dianalisis meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap minat konsumen. Produk jamur tiram yang ditawarkan PT. Mushroom Jamur Tiram memiliki kualitas tinggi dan beragam variasi, yang menjadi faktor utama daya Tarik konsumen. Strategi harga yang kompetitif serta kemudahan akses melalui pemasaran online di flaform media social seperti facebook, whatsapp, dan Instagram juga berkontribusi positif terhadap minat beli konsumen. Selain itu, promosi yang efektif dan inovatif meningkatkan kesadaran dan ketertarikan konsumen terhadap produk. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan bauran pemasaran yang tepat dapat meningkatkan minat konsumen dan volume penjualan produk jamur tiram di PT. Mushroom Farm. Rekomendasi untuk perusahaan adalah terus meningkatkan kualitas produk, memperluas jangkauan pemasaran online dan melakukan promosi yang lebih kreatif untuk menarik lebih banyak konsumen

Keywords


Bauran Pemasaran, Minat Konsumen, PT. Mushroom Jamur Tiram

Full Text:

PDF

References


Oyster mushroom (pleurotus species); A natural functional food. Journal of Microbiology, Biotechnology and Food Sciences, 7 (3), 254–264.

Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. (2010)

Fadillah, F. (2010). Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) pada Media Campuran Suhu dan pH yang Berbeda. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Hernawati, T., Mahfudz, S. A., & Soelistyono, R. E. (2019). Potensi jamur tiram sebagai komoditas agribisnis dan strategi pengembangannya di Indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 7(1), 62-72.

Homburg, C., Jozić, D., & Kuehnl, C. (2017). Customer Experience Management: Toward Implementing An Evolving Marketing Concept. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(3), 377–401.

Kusmiah, N., Mustajab, M., & Kandatong, H., (2023). Strategi Pemasaran Usaha Tani Jamur Tiram di Dusun Baseang Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis 23 (1), 42-48.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo:

Pitaloka, D. 2017. Hortikultura: Potensi, Pengembangan dan Tantangan. Teknologi Terapan, 01(1): 1-4.

Pratiwi, P.S. 2010. Usaha Jamur Tiram Skala Rumah Tangga. Penebar Swadaya, Jakarta.

Puspitasari, V. D., Prasetyo, E., & Setiyawan, H. (2017). Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Jamur Tiram Di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 63-71.

Rusiadi,et al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. 2013. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andy, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i2.5903

Article Metrics

Abstract views : 19 times | PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.