PERSEPSI PETANI TERHADAP PROGRAM ASURANSI PERTANIAN DI DESA PAKU KECAMATAN BINUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Ambarwati Ambarwati, Haeruddin Haeruddin, Siadina Siadina

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar berlangsung selama 2 bulan dimulai pada bulan Februari 2020 April 2020 Penentuan responden dengan menggunakan metode proposive sampling (sengaja) dengan memilih langsung sebanyak 53 orang dengan menggunakan metode penentuan responden yang berpatokan padatora Yamane, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala likers dengan menggunakan table rekap untuk menarik sebuah kesimpulan tingkat persepsi masyarakat. Dengan berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar,tingkat persepsi masyarakat di program asuransi pertanian dapat diukur dengan menggunakan dua variable yaitu variable efesiensi dan efektfitas dengan menggunakan table rekap akhir sebagai penentu persentase tinggi/rendahnya tingkat persepsi masyarakat, disamping itu dapat pula diketahui dua fakor utama yang mempengaruhi petani menggunakan program asuransi pertanian yaitu faktor biaya.


Keywords


Persepsi, Asuransi Pertanian, Petani Padi

References


Andrayani, Dian. 2013. Asuransi Pertanian sebagai Sarana Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Analisis Simulasi pada PT. Saung Mirwan dan Mitra Taninya di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor). Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Azwar, S.2010. Sikap Manusia teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: PustakaBadanPusat Statistik (BPS). 2010. Berita Resmi Statistik. http://bps.go.id/brsfile/pdb. Diakses pada tanggal 16 Februari 2018.

Choirutunnisa. 2008. Hubungan Karakteristik Sosial Petani dengan Tingkat Penerapan Model Pengelolaan Tanaman Terpadu Padi Sawah di Desa Joho Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Dwi Asnawi dan Farah Mutiara. 2016. Respon Petani Terhadap Asuransi Pertanian di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang ; Jawa Timur

Pasaribu,S.M.2010. Pengembangan Asuransi Usahatani Padi Untuk Menanggulangi Risiko Kerugian 75% Akibat Banjir, Kekeringan Dan HamaPenyakit. http://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/MAKPROP_SHP.pdf [Jurnal Online] diunduh pada 29 November 2016.

Sarwono, Sarlito W., dan Meinarno,Eko A., Asuransi Pertanian, Salemba Humanika, Jakarta, 2009.

Siswadi, Bambang dan Farida Syakir. 2016. Respon Petani Terhadap Program Pemerintah Mengenai Asuransi Usahatani Padi (AUTP). Program Studi Agribisni Fakultas Pertanian. Universitas Islam Malang; Jawa Timur.

Soetriono., Suwandari, A., & Rijanto. 2006. Ilmu Pertanian.Malang: Bayu Media.

Soeratno dan L. Arsyad. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Yogyakarta: STIM YKPN.

Supranto, 2000, Metode Riset: Aplikasinya dalam Pemasaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i1.755

Article Metrics

Abstract views : 19 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter