PENGARUH PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DEMOKRATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 TANDUKKALUA’

Abdul Latief, Kamaruddin Tone, Juliati Arruantimo

Abstract


Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Pkn Terhadap Pembetukan Karakter Demokratis Peserta peserta didik SMP N 3 Tandukkalua’ Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan jumlah populasi 24 karena jumlahnya terbatas maka sampel diamabil secara keseluruhan atau disebut populasi.Pengumpulan data melalui teknik: angket sedangakan sedangkan analisi data yang digunakan adalah. Analisis deskriptif, uji normalits data, uji korelasi produck moment dan analisis regresi sederhana. Asil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pkn di SMP N 3Tandukkalua’ dalam kategori cukup demokratis, ditinjau dari pembelaan pkn dan karakter demokratis peserta didik tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil data konstanta sebesar 45,450 artinya jika pembelajaran PKn (x) nilainya adalah 0, maka pembentukan karakter demokratis (y) nilainya positif yaitu sebesar 107. Koefisien regrasi variabel pembelajaran PKn sebesar 45,450 . artinya jika pembelajaran PKn mengalami kenaikan 45, maka pembentukan karakter demokratis (y) akan mengalami 45,450. Koefisien bernialai positif terjadi pengaruh yang positif antara pembelajaran PKn dan pembentukan karakter demokratis peserta didik.


Keywords


Karaktter, Demokratis, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin. 2006. Pengantar Studi Etika. Jakarta: PT Raja Grafindo.)

Akbar dan Usman.2008.Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Menurut Depdiknas (2008: 14-16) Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah mendidik warga Negara yang baik,

FKIP-UNASMAN. 2019. Panduan Penulisan Skripsi. Polewali: Unasman.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung:Alfabeta.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rohaya13. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Erwin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap Pengembangan Civic Disposition Siswa SMAN Se-Kota Bandar Lampung.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan.Jakarta: Bumi Aksara.

ni, Ida._.Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Interventif terhadap Karakter Warga Negara Muda (Studi Deskriptif Analitis pada siswa SMA Negeri 3 Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.796

Article Metrics

Abstract views : 350 times | PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter