Strategi Pemasaran Kopra Putih Di Desa Baru Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar
Abstract
Penelitiaan ini dilakukan Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Baru Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar yang berlangsung selama 3 (dua) bulan yakni bulan Mei 2019 sampai dengan Juli 2019. Adapun tujuan penelitian yaitu Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi dalam pemasaran kopra putih usaha Ulfa, Merumuskan strategi pemasaran yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pemasaran kopra putih yang dilakukan oleh usaha Ulfa. Pemilihan kasus dengan cara purposive sampling Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung dengan mengunakan kuisioner, analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengunakan analisis SWOT yaitu Matrik IFAS ,Matrik EFAS dan Matriks SWOT. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1. Hasil analisis faktor eksternal dan faktor internal maka dapat di simpulkan sebagai berikutKekuatan antara lain lokasi, Memeiliki pelanggan tetap dan Kualitas yang baik, Kelemahan antara lain Modal, Sarana produksi dan Sumberdaya Manusia, Peluang yaitu Permintaan, Bahan baku dan Hubungan dan Ancaman yaitu Pesaing dan Harga bahan Baku.Strategi Usaha Ulfa dalam Pemasaran Kopra Putihmemperhatikan kualitas produk yang baik sesuai kemauan pasar sehingga permintaan akan kopra putih semakin banyak.menjalin kerjasa yang baik antara petani maupun pedagang sehingga tercipta rantai pemasaran dan kepercayaan yang baik.Pemberian modal kepada petani kelapa sebelum panen. Usaha Ulfa memberikan modal kepada petani sehingga para petani tidak menjual kelapa kepada pedangan lain.Pelatihan kepada karyawan tentang mutu, kualitas dan bagaimana memanfaatkan sarana produksi sehingga produk Kopra Putih sesuai santandar kualitas yang di pasar Makassar.Bekerja sama dengan pihak Bank dalam bentuk peminjaman madol usaha untuk meperbesar usaha demi memenuhi permintaan akan produk kopra putih.
Kata Kunci :StrategiPemasaran, SWOT, IFAS, EFAS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. 2009. Cocopreneurship Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Edisi Pertama. Yogyakarta : ANDI. Elburg Global.
David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat. Jakarta.
Fuad, M. dkk. 2008. Pengantar Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Idrus, Muhammad (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyarkarta: Erlangga.
Handayani, P. 2008. Perbandingan Pengolahan VCO Proses Basah Dan Prosess Kering Terhadap Rendemen Dan Kualitasnya. Samarinda.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan. Edisi Kesebelas. PrenhAlindo. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Situmorang, Syafrizal Helmi, 2009. Analisis Data Penelitian, Medan: USU Press.
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supranto. Limakrisna, Nandan, 2011, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta
Thantiyo, Farray. 2010. Analisa Kontribusi Nilai Tambah Industri VCO(Virgin Coconut Oil) Pada PT. BUMI SARIMAS Indonesia di Sumatera Barat.
Warisno. 2008. Budidaya Kelapa Genjah. Kanisius: Yogyakarta
Widiana, Erma Muslichah. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Bandung.
L
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.847
Article Metrics
Abstract views : 404 times | PDF - 163 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.