Analisis Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Menggunakan Teori Strukturalis (Unsur Intrinsik)

Nuryanti Nuryanti, Chuduriah Sahabuddin, Abdul Muttalib

Abstract


Penelitian ini  bertujuan mendeskripsikan unsur intrinsik yang ada dalam novel Tentang kamu karya Tere Liye. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah teori strukturalis. Sumber data penelitian ini adalah novel tentang kamu karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data, teknik baca dan catat. Data yang terkumpul kemudian dideskripsikan berdasarkan teori strukturalis (unsur intrinsik). Langkah-langkah yang dilakukan yaitu memilih objek penelitian, membaca, mengidentifikasi, mengumpulkan data, membandingkan, kategorisasi, dan inferensi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh hasil yakni dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liya mengandung unsur intrinsik meliputi : Tema yaitu keteguhan seorang perempuan. Alur yang digunakan alur campuran. Penokohan terbagi atas 5 yaitu tokoh utama ada 1 tokoh dan tokoh tambahan ada 8 tokoh,tokoh protagonis ada 5 tokoh dan tokoh antagonis ada 3 tokoh, tokoh sederhana ada 8 tokoh dan tokoh bulat ada 3 tokoh, tokoh statis ada 9 tokoh dan tokoh berkembang ada 3 tokoh, serta tokoh tipikal ada 3 tokoh. Latar disatukan antara latar waktu, tempat dan suasana. Sudut pandang yang digunakan sudut pandang orang ketiga “dia” mahatahu. Serta Amanatnya yaitu jika kita melakukan sesuatu dengan bersungguh-sungguh maka semua tidak akan sia-sia, baik dari cobaan yang diberikan berupa  kekerasan, kegagalan dan kesabaran seperti yang dialami tokoh utama.

 


Keywords


Novel, Kajian Strukturalis, Unsur Intrinsik

Full Text:

PDF

References


Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Model Inside Outside Circle Siswa Kelas XI Ipa2 SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 11.1 (2016): 19-32.

Ahmadi, 2016. Analisis Struktural Cerita Rakyat Mandar dalam Buku Kumpulan Cerita Hasil Sayembara Penulisan Cerita Rakyat Mandar Oleh Opy. MR. Polewali Mandar. Universitas Al Asyariah Mandar.

Azis, Anwar. 2012.Analisis Nilai-Nilai pendidikan Dalam Novel Negri 5 Menara Karya A. Fuadi. Skripsi. (tidak diterbitkan)

Depertemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyadi, Seto,dkk.2019.Metode Penelitian Kualitatif Dan Mixed Method.Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Muthmainnah, Muthmainnah, Naim Irmayani, and Nurmiati Nurmiati. "Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama melalui Metode Struktural Kelas VIII B SMP Negeri 2 Tinambung." Journal Peqguruang: Conference Series. Vol. 1. No. 2. 2019.

Nurgiyantoro, Burhan.2013. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Tere Liye.2016.Tentang Kamu. Jakarta: Republika.

Wiyatmi.2009.Pengantar Kajian Sasta.Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Zahfarina, dewi. 2018. Analisis Struktural Novel Tsumuji Dabura Karya Miyashita Natsu dan Shouji Yukiya Suatu Tinjauan Struktural cerita rekaan. Semarang. Universitas Deponogoro Semarang

Zahra, Nur Oktavian Amri. 2017. Tema Dan Amanat Dalam Novel “Memang Jodoh” Karya Marah Rusli Serta Manfaatnya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sma. Jember: Fkip Universitas Jember

Zulfarida, Dewi Asiyah. 2019. Analisis Struktural dan Nilai- Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Assalamualaikum Calon Imam karya Madaniah. Surakarta. Fakultas Adab dan Bahasa Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Adriani, A. Y., Muttalib, A., & Irmayani, N. (2020). Analisis Film Perempuan Berkalung Sorban Karya Hanung Bramantyo melalui Model Sara Mills. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 61-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.939

Article Metrics

Abstract views : 2129 times | PDF - 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter