Analisis Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali

Ayu Lestari, Chuduriah Sahabuddin, Kurnia Kurnia

Abstract


Penelitian tersebut bertujuan  untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VIIA Smp Negeri 1 Polewali.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali  yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes, lembar observasi, dan wawancara.Teknik pengumpulan data yaitu yaitu teknik tes, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data dengan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali memperoleh nilai rata-rata 86,8 dengan persentase 93,33% yaitu mampu menulis teks prosedur. Pada aspek isi, berada dalam kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 27,37. Pada aspek struktur, berada pada kategori sangat mampu dengan nilai rata-rata 19.07. Pada aspek kaidah penulisan, berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 14,37 dan pada aspek ciri kebahasaan, berada dalam kategori mampu dengan nilai 25,23.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Polewali mampu dalam menulis teks prosedur dengan nilai rata-rata 86,8 dan jumlah peserta didik mecapai 75% yang memperoleh nilai 75-100.


Keywords


Menulis, Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Djumigin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit Universtas Negeri Makassar.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Informasi kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnia, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Berbasis Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Celebes Education Review, 1(2), 105-111.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonseia Kurikulum 2013. Jakarta Rajawali Pers.

Priyatni, Endah Tri. 2017. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rohima, Ima. 2014. BUPENA Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Syaiful. 2009. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sahabuddin, C., & Basri, P. S. (2020, October). Factors Influencing Work Productivity of Community Health Center Employees. In 3rd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2019) (pp. 179-182). Atlantis Press.

Sahabuddin, C., Baharuddin, S. M., Farida, U., & Yusriadi, Y. (2019). The Strategy of Community Empowerment for Bunggu Isolated Tribe in the Mamuju District. The Journal of Social Sciences Research, 5(4), 894-898.

Busrah, B. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan pada Mahasiswa FKIP Unasman (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.987

Article Metrics

Abstract views : 469 times | PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.