Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN UMUM:

  1. Penulis telah memastikan bahwa naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan dan atau tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain;
  2. Telah mendapat persetujuan dari ko-penulis, jika ada, sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap naskah.
  3. Isi naskah dalam penyajian keilmuan merupakan tanggung jawab penulis , sehingga penerbit tidak akan bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isi naskah tersebut.
  4. Naskah yang diajukan diwajibkan dikirim secara elektronik dengan sistem submission yang telah disiapkan sistem dengan terlebih dahulu melakukan registrasi sebagai penulis.
  5. Naskah yang diajukan harus dalam kondisi baik, diketik sesuai standar penulisan dan template yang disediakan.

 

ATURAN UMUM

Setiap artikel harus disertai satu paragraf abstrak yang secara ringkas, jelas, utuh, mandiri dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan. Abstrak setidaknya memuat tiga hal pokok, yaitu:  tujuan/latar belakang kegiatan, metode yang diterapkan, dan hasil kegiatan. Abstrak ditulis dalam bahasa bahasa Indonesia. Abstrak ditulis tidak boleh lebih dari 200 kata. Teks abstrak ditulis dengan Century (10 pt) spasi tunggal dan format justify (rata kanan-kiri) dengan format ini. Abstrak ditulis dengan format satu kolom. Pastikan penulisan Anda memuat komponen dengan abstraksi yang mudah dipahami dan menggambarkan esensi kegiatan yang dilakukan.

Kata kunci: . Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak, sebanyak 3-5 kata atau kelompok kata, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda koma. Kata kunci dipilih secara cermat sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung artikel dan memudahkan pencarian artikel melalui mesin pencari.

Mohon bacalah keseluruhan aturan dalam contoh format karya tulis ini sebelum Anda mengerjakan tulisan Anda. Format ini dapat mengurangi waktu kami untuk mengoreksi karya tulis Anda dan meningkatkan peluang karya tulis Anda diterima dengan baik. Informasi berikut ini kami berikan untuk membantu Anda dalam mempersiapkan dengan baik karya tulis lengkap untuk dikirimkan ke SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Karya tulis yang dikirimkan ini merupakan bentuk akhir karya tulis Anda. Mohon untuk benar-benar dipertimbangkan format karya tulis Anda sebelum dikirimkan ke alamat pengiriman manuskrip. Mohon diperhatikan pula hal-hal sebagai berikut:

  1. Kirimlah manuskrip Anda sebelum deadline.
  2. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia.
  3. Karya tulis tidak boleh melebihi 10 halaman, termasuk semua gambar, tabel, referensi, dan lain-lain. Kemudian ada batasan besar file yang boleh dikirimkan secara elektronik dalam bentuk Document Word Format (DOC/ DOCX), mohon tidak melebihi 5 Megabyte.
  4. Naskah belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain, jika terbukti naskah yang disampaikan ke redaksi sudah pernah diterbitkan di jurnal sebelumnya maka akan diberikan sanksi administratif berupa dua tahun tidak akan memuat tulisan yang besangkutan. Sehingga diwajibkan memasukkan surat pernyataan bermateri (6000) yang menyatakan keaslian penelitian dan belum pernah dipublikasikan.
  5. Redaksi berhak melakukan editing tanpa mengubah isi dan makna tulisan khusunya dalam hal penggunaan bahasa.
  6. Interval penyetoran naskah untuk setiap terbitan adalah 2 bulan sebelum masa terbit. Jika tulisan yang masuk telah lewat dari waktu yang ditentukan maka akan dipertimbangkan untuk penerbitan berikutnya.
  7. Sistem kutipan menggunakan kutipan langsung dan juga melampirkan daftar pustaka.
  8. Naskah yang diterima pengelola tidak  mutlak diterbitkan terutama jika tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan.
  9. Bagi tulisan yang substansi pembahasannya layak untuk diterbitkan tetapi tidak memenuhi syarat administrasi maka pengelola akan mengembalikan kepada penulis untuk melengkapinya dengan waktu yang ditentukan (proses review).
  10. Tidak dianjurkan memakai format lain untuk menulis hasil karya Anda di Jurnal ini. Jika memang Anda memilih format lain, mohon diperhatikan petunjuk di dokumen ini mengenai ukuran font, ukuran tepi kertas, batasan maksimal halaman, ukuran file, dan lain-lain

METODE PENELITIAN

Pendahuluan memuat tiga hal pokok, yaitu: latar belakang, kajian literatur terdahulu, dan tujuan penelitian. Penulisan menggunakan model paragraf dengan inden tab awal paragraf 1 cm. Sistem pengacuan pustaka menggunakan sistem model APA 5th (American Psychological Association. Menggunakan Reference manager (end note, mendeley, zetero dan sejenisnya) untuk memudahkan dalam editing dan review. Gaya pengacuan seperti “ …Badu dalam Dadap (2002) …” tidak diperkenankan untuk digunakan. Sumber pustaka yang dirujuk adalah sumber primer, mutakhir, dan relevan. Porsi bagian pendahuluan kurang lebih 25% dari keseluruhan teks artikel.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Ringkasan Format Manuskrip

Jumlah halaman pada artikel yang diterbitkan pada jurnal ini 5-10 halaman. Teks menggunakan Font Century (11 pt) spasi tunggal format justify satu kolom menggunakan bidang penulisan ukuran A4 (210 x 297mm) dengan margin atas 25 mm, kiri 25 mm, bawah 20 mm, dan kanan 20 mm. Sebelum mengirimkan, penulis perlu melakukan register atau login. File dikirimkan melalui https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi dalam format file .doc atau .docx.

Tata bahasa yang digunakan haruslah menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dengan penulisan paragraf diharapkan mengikuti standar yang terdiri antara 5 sampai 8 kalimat. Setiap kalimat terdiri atas 5 sampai 10 kata atau lebih selama mengikuti gaya penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan memenuhi standar bahasa ilmiah (Illeris, Knud., 2004).

Perlu diperhatikan, nama penulis dan korespondensinya ditandai dengan simbol arsetik (*) di akhir nama penulis pertama. Antara satu paragraf dengan paragraf lain tidak diberi jarak spasi. Sedangkan antara judul dengan subjudul tidak diberi spasi antara, namun antara subjudul dengan paragraf diberi jarak satu spasi. Penulisan judul (Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, serta Daftar Pustaka) menggunakan uppercase ditebalkan (bold), subjudul dan anak subjudul ditebalkan (bold) tetapi khusus anak subjudul dimiringkan (Italic) untuk membedakan dengan subjudul. Penulisan antara subjudul dengan anak subjudul atau antara anak subjudul dengan paragraf tidak diberi spasi. Tiap huruf awal dari kata subjudul dan anak subjudul menggunakan konsep Capitalize Each Word (Blanks, James A, 2007). Kalimat kutipan atau kata yang menggunakan bahasa selain bahasa indonesia menurut Freire,  Paulo (1972) maka harus dimiringkan (Italic).

Tata Cara Penulisan

Penulisan Tabel, Gambar/Grafik, dan Persamaan/Notasi secara umum harus mengikuti cara penulisan yang direkomendasikan dalam acuan penulisan ini. Tabel merupakan ...... . Gambar atau grafik merupakan... . Persamaan atau notasi matematika merupakan.... (Noel, Jana 2002).

Penulisan Gambar dan Tabel

Tempatkan gambar dan tabel setelah atau sebelum sebuah rujukan membahas gambar dan tabel tersebut. Posisi tabel harus diatur dalam posisi tengah dari layout dan tidak boleh melebihi margin yang telah ditentukan.  Baik gambar maupun tabel harus dapat disajikan dalam satu halaman dan tidak diperkenankan disambung ke halaman berikutnya. Tabel dan gambar diletakkan di dalam kelompok teks. Format Century (11 pt) digunakan untuk menuliskan nomor urut,  judul, serta teks dalam tabel dan gambar. Judul tabel ditulis rata kiri-kanan (justify) dan diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Judul gambar ditulis rata tengah dan diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan. Gambar dan tabel harus dapat tercetak dengan jelas, diberikan rujukan dan keterangan singkatan jika diperlukan, sedangkan judul tabel dan gambar dalam Format  Century (9 pt). Tabel dibuat dengan garis vertikal dan garis horisontal, serta ditampilkan untuk item judul kolom dan penutup di baris paling atas, sebagaimana yang ditampilkan pada Tabel 1.

Penulisan Persamaan atau Rumus Matematika

Persamaan seharusnya diatur di tengah kolom dan diberi nomor secara urut. Letakkan nomor persamaan di posisi rapat ke kanan dari persamaan di dalam kurung.

Yakinkan bahwasanya setiap subskrip pada persamaan yang dibuat tidak terlalu kecil untuk dilihat. Ketika mengacu pada sebuah persamaan, gunakanlah nomor dalam tanda kurung. Sebagai contoh, Anda akan mengacu pada persamaan (1) diatas sebagai (1) saja daripada menggunakan persamaan (1). Jika memungkinakan, gunakan font simbol untuk semua karakter khusus, atau gunakan Equation Editor™ atau MathType™. Deskripsi paragraf untuk persamaan tersebut diatur 1 spasi sebelum dan setelah sebuah paragraf.

Cara Memberikan Kutipan

Ketika mengutip sebuah artikel jurnal ilmiah (Cantrell, W. H., 2000), artikel di prosiding konferensi/seminar (Cantrell, W. H., and W. A. Davis, 2003), sebuah buku dan penulisnya lebih dari dua (Krauss H. L. dkk, 1980) atau dari  alamat website yang valid (Banks, 2012).  Daftar Pustaka adalah bagian terakhir karya tulis Anda dan ditulis sesuai dengan urutan abjad dari kata pertama. Daftar Pustaka harus detail. Untuk artikel jurnal ilmiah, tulislah daftar nama pengarang dengan nama akhir tiap penulis diikuti bagian nama berikutnya atau dapat disingkat dan dipisahkan dengan tanda koma (,), Tahun dalam kurung, judul karya tulis dimiringkan,  diikuti nama jurnal yang dimiringkan, nomor volume, nomor terbit, nomor halaman, dan bulan serta tahun terbit. Gunakan contoh di Daftar Pustaka sebagai pedoman penulisan. Tidak diperkenankan mengutip artikel dari laman situs wikipedia atau blog pribadi, karena akses sunting bisa diakses oleh siapapun, termasuk yang bukan keahliannya, sehingga tidak ada peer-review yang valid.

 SIMPULAN

Kesimpulan menggambarkan substansi hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada bagian ini juga ada hal-hal yang perlu direkomendasikan atau disarankan untuk kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya. Porsi bagian simpulan ini kurang lebih 10% dari keseluruhan teks artikel.

DAFTAR PUSTAKA

Banks.  (2012).  Multicultural educatin: Goals and dimensions. Diakses dari http://education.washington.edu/cme/view. htm).

Blanks, James A.(2007). Education citizens in a multicultural society. New York: Teacher College Press.

Cantrell, W. H. (2000). Tuning analysis for the high-Q class-E power amplifier.  IEEE Trans. Microwave Theory & Tech., vol. 48, no. 12, pp. 2397-2402, December 2000.

Cantrell, W. H and Davis, W. A. (2003). Amplitude modulator utilizing a high-Q class-E DC-DC converter. 2003 IEEE MTT-S Int. Microwave Symp. Dig., vol. 3, pp. 1721-1724, June 2003.

Freire,  Paulo.  (1972).  Pedagogy  of  the oppressed. Victoria: Penguin Books Ltd.

Illeris, Knud (2004). Three dimensions of learning. Florida: Krieger Publishing Company.

Krauss, H. L., Bostian, C. W. and Raab, F. H. (1980). Solid State Radio Engineering. New York: J. Wiley & Sons.

Noel, Jana. (2002). Notable selection in multicultural education. Connecticut: McGraw-Hill. Northouse, Peter G. (2007). Ledership. ThousanmOaks: Sage Publications.

Anderson, K. A., Neisz, J. J., & Siegel, S. W. (2015). U.S. Patent No. 6,648,921. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Jones, J. W., Tsuji, G. Y., Hoogenboom, G., Hunt, L. A., Thornton, P. K., Wilkens, P. W., ... & Singh, U. (2015). Decision support system for agrotechnology transfer: DSSAT v3. In Understanding options for agricultural production (pp. 157-177). Springer, Dordrecht.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.