PkM-Peningkatan Kompetensi Guru SMK Mega Link Majene dalam Menggunakan Aplikasi Quizizz sebagai Media Assessment Pembelajaran

Abdul Latif, Herlina Ahmad

Abstract


SMK Mega Link Majene memiliki 16 guru yang terdiri dari guru normative, adaptif, dan produktif, sehingga keberagaman jenis guru sangat memungkinkan sekolah hanya menggunakan satu aplikasi digital untuk melakukan assessment pembelajaran. Tujuan kegiatan PkM dosen yang dilakukan terhadap mitra SMK Mega Link Majene adalah meningkatkan kompetensi Guru dalam menggunakan aplikasi quizizz sebagai media assessment pembelajaran. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah pelatihan dan pendampingan. Tahap pelaksanaan PkM meliputi (1) koordinasi dan analisis kebutuhan usulan, (2) menyusun dan melakukan validasi buku petunjuk penggunaan aplikasi quizizz, (3) pelatihan penggunaan aplikasi quizizz, (4) Pendampingan di kelas dengan menggunakan aplikasi quizizz, (5) Evaluasi dan (6) pelaporan pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan PkM diperoleh: (1) aplikasi quizizz sangat mudah digunakan oleh guru di kelas maupun di luar kelas, (2) Aplikasi quizizz membantu guru menyususn soal atau tugas untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan, (3) siswa tidak dapat saling menyontek, karena soal yang ditampilkan pada quizizz diacak, (4) membantu guru dalam menganalisis hasil belajar siswa, karena quiziz memberikan data dan statistik tentang hasil pekerjaan siswa secara langsung, dan (5) memudahkan guru dalam memberikan PR.


Keywords


quizizz; aplikasi; assessment; guru

Full Text:

PDF

References


Ab Rahman, R., Ahmad, S., & Rabaah Hashim, U. (2018). The effectiveness of gamification technique for higher education students engagement in polytechnic Muadzam ShaAb Rahman, R., Ahmad, S., & Rabaah Hashim, U. (n.d.). The effectiveness of gamification technique for higher education students engagement in po. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(41). https://doi.org/10.1186/s41239-018-0123-0

Ahmad, H., Hasliana, L., Latif, A., & Tasni, N. (2020). Jurnal Cemerlang : Pengabdian pada Masyarakat PkM - Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMK Kabupaten Majene Dalam Penggunaan Geoenzo sebagai Media Pembelajaran Matematika Jurnal Cemerlang : Pengabdian pada Masyarakat Guru Matematika SMK Kabupaten Ma. 3(1), 60–73.

Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(2), 83. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i2.24430

Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331

Gümüş, H., & Gençoğlu, C. (2020). The Usage of “ Quizizz ” TM App by Sport Sciences Students in the Bachelor ’ s Degree Anatomy Lecture and Its Effects on Attitude and Course Success. 13(11), 66–73. https://doi.org/10.5539/ies.v13n11p66

Latif, A., Yakin, A. Al, & Ahmad, H. (2019). Digital classroom untuk meningkatkan kemampuan metakognisi. Journal LL_DIKTI IX, 1(1), 71–79.

Orhan, D., & Gürsoy, G. (2019). Computers & Education Comparing success and engagement in gami fi ed learning experiences via Kahoot and Quizizz. Computers & Education, 135(February), 15–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015

Syamsuddin, S., Ahmad, H., & Afriani, A. (2020). Media Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.659




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2645

Article Metrics

Abstract views : 258 times | PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter