Pelatihan Guru TK Pertiwi Majene Menggunakan Media Mozaik Berbasis Budaya Mandar dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak
Abstract
Pendidikan tingkat kanak-kanak adalah bentuk pendidikan prasekolah yang memberikan program-program pendidikan dasar dini untuk mempersiapkan anak-anak memasuki pendidikan Sekolah Dasar. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah kemampuan motorik halus anak. Motorik halus merupakan kemampuan gerak yang dimiliki oleh anak yang digunakan dalam melakukan berbagai kegiatan. Apabila hal tersebut kurang diperhatikan dan dikembangkan, anak-anak menjadi kurang percaya diri dan tidak mandiri dalam lingkungan sosialnya. Melalui media mozaik berbasis kearifan lokal diharapkan mampu mengembangkan motorik halus sehingga anak sudah mulai bisa melakukan gerakan tangan secara sederhana dan dapat mengordinasikan otot-otot tangan mereka. Sekolah Tingkat Kanak-kanak yang menjadi mitra dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah TK Pertiwi Saleppa Majene. Jumlah peserta pada saat pelatihan sebanyak 8 orang guru TK Pertiwi dan dilaksanakan selama tiga hari yakni tanggal 1-3 September 2021. TK ini berlokasi di Kec. Banggae, Kab.Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam Pelatihan ini adalahForum Group Discussion (FGD) ceramah, dan pelatihan. Tahap pelaksanaan pelatihan meliputi (1) koordinasi dan analisis kebutuhan usulan, (2) membuat media mozaik berbasis budaya mandar, (3) pelatihan penggunaan media mozaik, (4) evaluasi dan (5) pelaporan pelaksanaan kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Cameron, C. E., Brock, L. L., Murrah, W. M., Bell, L. H., Worzalla, S. L., Grissmer, D., & Morrison, F. J. (2012). Fine Motor Skills and Executive Function Both Contribute to Kindergarten Achievement. Child Development. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2012.01768.x
Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2018). Mozaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupa menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235
Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Motorik Halus Anak. Endurance.
Oberer, N., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2017). Motor skills in kindergarten: Internal structure, cognitive correlates and relationships to background variables. Human Movement Science. https://doi.org/10.1016/j.humov.2017.02.002
Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia.
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386.
Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10519.
Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2709
Article Metrics
Abstract views : 162 times | PDF - 109 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.