PENDAMPINGAN SISWA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MELALUI EKSPERIMEN HUJAN PELANGI DI RUMAH LITERASI

Atin Supriatin, Intan Wahyu Anita

Abstract


Rumah Literasi merupakan salah satu program pemberdayaan yang berfokus pada pengembangan pendidikan anak di kelurahan Habaring Hurung, dalam pendampingan ini literasi yang diterapkan yaitu lterasi sains. Literasi Sains merupakan kemampuan untuk memahami sains,  mengkomunikasikan sains, serta menerapkan   kemampuan  sains   untuk   memecahkan masalah. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di rumah literasi banyak anak-anak Kelurahan Habaring Hurung yang masih belum mengenal tentang sains itu sendiri, mereka belum pernah melakukan eksperimen dan percobaan yang berkaiatan dengan sains. Maka dari itu untuk menumbuhkan kemampuan lterasi sains anak usia sekolah dasar maka diadakan pendampingan berupa ekspermen hujan pelangi dalam gelas oleh kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelurahan Habaring Hurung. Adapun tahapan pada pendampngan ini yaitu yang pertama tahap persiapan, kedua pelaksanaan meliputi; (eksperimen, penyampaian materi, tannya jawab), dan yang ketiga  yaitu evaluasi. Dari pendampingan yang telah di lakukan kepada siswa sekolah dasar yang tergabung dalam rumah literasi melalui eksperimen hujan pelangi dalam gelas dapat menumbuhkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar dengan cara sederhana dan mudah di pahami.


Keywords


Eksperimen, Literasi Sains, Rumah literasi

Full Text:

PDF

References


Yuliati , Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 2442-7470.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). urnal Studi Guru dan Pembelajaran, 195-205.

Hani’ah, N., & Khasanah, N. F. (2018). Strategi Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Dalam Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen. Journal of Early Childhood Islamic Education, 23-34.

Khairiyah, N. (2020). Ensiklopedia Sains (Dalam Kehidupan Sehari-hari). Guepedia.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 183-191.

Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tingg. SiNTESa, 747-758.

Pratama, R. D., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Rumah Literasi Kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 30-42.

Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (pp. 1-16). Yogyakarta: Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global.

Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 266-274.

Rusawalsep, E. R., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 163-172.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 21-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i3.3240

Article Metrics

Abstract views : 80 times | PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter